Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - 'Engkau ini siapa?'

Bacaan ayat: Yohanes 1:19 (TB) Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya

Editor: Suci Rahayu PK
Instagram @ferinugroho77
Pdt Feri Nugroho 

Renungan Harian Kristen - 'Engkau ini siapa?'

Bacaan ayat: Yohanes 1:19 (TB) Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: "Siapakah engkau?"

Oleh Pdt Feri Nugroho

Kartu Tanda Penduduk (KTP) perlu dibawa kemanapun oleh seseorang ketika ia pergi. Kartu tersebut memberitahu tentang biodata, minimal nama, tempat tanggal lahir dan alamat tinggal.

Tanpa harus memberikan penjelasan panjang lebar, dengan melihat KTP seseorang bisa diketahui identitasnya.

Selama ia masih berada di wilayah, dimana KTP tersebut berlaku, maka semua akan baik-baik saja. Ia akan diakui sebagai warga negara yang harus dilindungi.

Saat yang bersangkutan berada di negara lain, maka KTP menjadi tidak berlaku. Ia tidak diterima di negara tersebut. Ia bisa diusir atau dideportasi ke negara asalnya.

Kaum agamawan bertanya kepada Yohanes Pembaptis, "Siapakah engkau?" Ini terkait dengan sepak terjangnya yang berseru-seru, menyerukan tentang pertobatan dan peringatan akan hadirnya Sang Mesias.

Mereka ingin tahu identitas Yohanes. Sebagai kaum agamawan, mereka bertanggungjawab terhadap apa saja yang berpotensi menyesatkan.

Penyeru ini perlu diketahui identitasnya. Jika tidak sesuai dengan pengakuannya, maka ia bisa dicap sebagai penyesat dan bisa dibinasakan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved