Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Persembahan untuk Hidup dalam Damai dengan Sesama

Bacaan ayat: Matius 5:23-24 (TB) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam h

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Ilustrasi renungan harian 

Persembahan untuk Hidup dalam Damai dengan Sesama

Bacaan ayat: Matius 5:23-24 (TB) Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

Oleh Pdt Feri Nugroho

Dalam banyak kepercayaan, ritual pemberian persembahan wajib ada agar yang disembah tidak marah. Para penyembah berupaya memberikan persembahan agar bisa berdamai dengan yang disembah. Para penyembah harus memenuhi syarat dan kriteria tertentu agar persembahannya diterima.

Dimulai dari apa yang patut dipersembahkan, berbagai syarat kesucian yang harus dipenuhi dan ritual tertentu yang harus dilakukan.

Jenisnya pun beragam; dari sekedar makanan dan minuman tertentu, penyebelihan hewan, bahkan ada yang sampai harus mempersembahkan pengorbanan manusia agar menjamin bahwa persembahannya berkenan kepada sesembahan.

Selanjutnya, perlu melihat tanda; apakah persembahannya diterima atau ditolak.

Jika itu terkait dengan keadaan buruk yang menimpa maka tanda persembahan diterima adalah hilangnya keadaan buruk yang terjadi.

Dalam banyak kasus, biasanya terkait dengan bencana alam atau peristiwa luar biasa yang mendatangkan penderitaan dan dukacita. Intinya, dengan persembahan, maka diharapkan terjadi perdamaian antara penyembah dengan yang disembah.

Umat Tuhan sejak Perjanjian Lama ternyata juga mempunyai ritual yang sama dalam hal persembahan. Kitab Imamat mengatur secara detail apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan seseorang ketika memberikan persembahan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved