Advertorial

Kantor Imigrasi Kelas II Kuala Tungkal Gelar Sosialisasi Kewarganegaraan

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal menggelar sosialisasi Keimigrasian yang mengusung tema 'Peran Imigrasi dan Dinas Tenaga Kerja dalam Penerap

Ade Setyawati
Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal menggelar sosialisasi Keimigrasian yang mengusung tema 'Peran Imigrasi dan Dinas Tenaga Kerja dalam Penerapan UU No. 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan', di Hotel Rivoli. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal menggelar sosialisasi Keimigrasian yang mengusung tema 'Peran Imigrasi dan Dinas Tenaga Kerja dalam Penerapan UU No. 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan', di Hotel Rivoli.

Turut hadir dalam kegiatan ini ialah, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Kementerian Hukum Dan HAM Jambi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kepala Urusan Agama Se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Edy Firyan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal melalui Sahrial Kepala Tata Usaha dalam sambutannya menyampaikan tujuan mengangkat tema tersebut ialah meningkatkan pemahaman khususnya pada perkawinan campuran yang banyak dilakukan oleh pekerja migran indonesia baik legal maupun ilegal.

"Ada berapa alasan sehingga sengaja kami mengambil tema 'Peran Imigrasi Dan Dinas Tenaga Kerja Dalam Penerapan UU Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan," jelasnya.

"Diantaranya adanya fenomena perkawinan campuran antar bangsa baik yang terjadi di Indonesia ataupun yang sering dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di luar negeri baik legal maupun ilegal membawa dampak tersendiri terhadap status kewarganegaraan" tambahnya.

Terlebih lagi, dampak atau akibat hukum dari perkawinan camur tersebut ialah mengenai status kewarganegaraan yang bersangkutan dan juga status kewarganegaraan sang anak.

"Dari sisi hukum status kewarganegaraan seseorang menentukan hak dan kewenangannya selaku warga negara," lanjutnya.

Sebagai langkah untuk mengantisipasi serta menyelesaikan permasalahan yang sudah terlanjur, pihak Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kuala Tungkal, salah satu cara yang dilakukan dengan penyelenggaraan sosialisasi keimigrasian.

Sosialisasi ini diadakan juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat ataupun instansi baik yang langsung ataupun tidak langsung yang berhubungan dengan kewarganegaraan khususnya penerapan undang-undang kewarganegaraan Nomor 12 Tahun 2006

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran yang terkait dengan kewarganegaraan.

"Poin pentingnya menurut undang-undang nomor 12 tahun 2006 antara lain, mengatur hal siapa saja yang dikategorikan WNI serta syarat dan tata cara memperoleh kewarganegaraan, bagaimana syarat dan tata cara memperoleh kembali kewarganegaraan dan tentunya adanya sanksi bagi yang melanggar ketentuan dalam undang-undang," tutupnya.

Sesi terkahir dalam sosialisasi ini ialah sesi tanya jawab, para tamu undangan sangat antusias mengajukan berbagai pertanyaan yang di temukan di lapangan.

Baca juga: Jalan Khusus Batu Bara Mulai Dibangun, Walhi Jambi: Jangan Sampai Menambah Permasalahan Baru

Baca juga: Sebut Pembunuhan Yosua Dipicu Dugaan Kekerasan Seksual, Susno Duadji: Komnas HAM Kebablasan

Baca juga: Everton Vs Liverpool, Jadwal, H2H Dan Prediksi Skor, The Reds Ingin Lanjutkan Catatan Positif

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved