Desa Makmur dan Cantik Ada di Kabupaten Bungo

Dengan program ini, BPS bermaksud meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat

Editor: Rahimin
istimewa
Program Desa Cantik merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral. 

Desa Makmur dan Cantik ada di Kabupaten Bungo

Oleh. Microvelio Prima Guna, S.Si

TRIBUNJAMBI.COM - Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan Program percepatan Penguatan Statistik Sektoral secara Nasional yang dilaksanakan pada tingkat Pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi Program Satu Data Indonesia.

Program Desa Cantik merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral.

Di mana, pembinaan statistik sektoral di lakukan pada tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif, sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik.

Dengan program ini, BPS bermaksud meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan statistik.

Fokus utamanya adalah mempersiapkan aparatur desa agar lebih paham statistik. BPS merancang adanya standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik dan optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di Desa/Kelurahan tepat sasaran. Selain itu, BPS juga berharap bahwa nantinya akan ada lahir agen-agen statistik yang lahir di desa.

Dalam rangka program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) BPS Kabupaten Bungo melakukan Pencanangan dan Pembinaan Desa Cantik di Desa Suka Makmur Kecamatan Bathin II Babeko pada Kamis (25/8/2022) bertempat di Aula Kantor Desa Suka Makmur, Kecamatan Bathin II Babeko yang di hadiri Kepala Desa/Rio Suka Makmur Waris beserta perangkat desa terkait dan Kepala BPS Kabupaten Bungo yang diwakili Anne Anggraini Nasrul, S.ST selaku Kasubbag Umum.

Bertindak selaku pembicara adalah Pembina Desa Cantik yakni Muthia Oky Yulinasari dan Microvelio Prima Guna.

Dalam acara tersebut ditekankan mengenai pentingnya data kependudukan yang ada di desa Suka Makmur yang selama ini belum ada pengelolaan yang baik terkait data kependudukan tersebut, diharapkan desa mampu secara mandiri mengelola data kependudukan setelah mendapat pembinaan oleh BPS Kabupaten Bungo selaku Pembina data di daerah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved