Generasi Stroberi ditengah Arus Globalisasi

perkembangan teknologi yang memberi banyak kemudahan dalam setiap lini kehidupan diera globalisasi telah digunakan oleh hampir semua kelompok umur.

Editor: Rahimin
istimewa
Data Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut sebanyak 74,93 juta jiwa atau sekitar 27,94?ri total penduduk Indonesia adalah generasi zileneal, 

Generasi Stroberi ditengah Arus Globalisasi

By Rini Nopriyanti, Staf BPS Kab Muaro Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Seiring dengan perkembangan zaman  yang  masuk kedalam era globalisasi saat ini kita dituntut untuk beradaptasi dan mengikuti pesatnya perkembangan teknologi.

Teknologi yang menawarkan banyak kemudahan dan keterbukaan dalam akses informasi yang memilik dampak positif dan negatif bagi penggunanya.

Dibutuhkan kematangan diri untuk lebih bijak dalam menyikapi perkembangan dunia  yang pesat di era globalisasi.

Tak dipungkiri lagi perkembangan teknologi yang memberi banyak kemudahan dalam setiap lini kehidupan diera globalisasi telah digunakan oleh hampir semua kelompok umur.

Menurut data hasil Sensus Penduduk 2020 populasi terbesar dari penduduk di Indonesia didominasi oleh kelompok umur yang lahir pada 1997-2012 yang dikenal dengan gen Z atau generasi Zileneal .

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut sebanyak 74,93 juta jiwa atau sekitar 27,94 persen dari total penduduk Indonesia adalah generasi zileneal, yang termasuk dalam kategori kelompok usia produktif.

Generasi Z (zileneal) lebih popular dikenal dengan generasi stroberi atau strawberry generation . Generasi stroberi bermula diamati di Taiwan.

Menurut Prof Rhenald Kasali lahirnya generasi stroberi memiliki tantangan tersendiri, karena generasi ini generasi yang penuh dengan gagasan kreatif tetapi mudah menyerah dan gampang sakit hati dalam menghadapi tantangan yang muncul terhadap keberadaan generasi stroberi diperlukan pengembangan karakter yang tangguh dari generasi muda sehingga lahirlah pemuda-pemudi unggul Indonesia yang berkarakter kuat dan berdaya juang tinggi serta  memiliki visi besar dalam menatap dunia.

(Data Jambi/BPS Kabupaten Muaro Jambi)

Informasi Indikator Statistik dan Data Jambi terkini dapat diakses melalui jambi.bps.go.id dan Sosial Media BPS Provinsi Jambi (IG, FB, dan Youtube BPS Provinsi Jambi).

Ayo persiapkan diri menyambut pelaksanaan Sensus Pertanian 2023

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: BPS Provinsi Jambi dan Unja Luncurkan Aplikasi POSITIV

Baca juga: Angka Partisipasi Murni Kabupaten Tanjung Jabung Barat di atas Nasional

Baca juga: Pilih Mana, Sensus atau Survei?

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved