Berita Kota Jambi

Perumahan Namura Indah Kota Jambi Selalu Banjir Tiap Diguyur Hujan, Warga Ungkap Penyebabnya

Kawasan Perumahan Namura Indah Kota Jambi menjadi lokasi banjir setiap kali hujan lebih dari setengah jam.

TRIBUNJAMBI.COM/WIRA DANI DAMANIK
warga Perumahan Namura Indah, Eji Marzono. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kawasan Perumahan Namura Indah Kota Jambi menjadi lokasi banjir setiap kali hujan lebih dari setengah jam.

Kawasan tersebut merupakan perbatasan Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi.

Hal tersebut diungkapkan warga perumahan, Eji Marzono.

Ia menyebut banjir menjadi kebiasaan yang diterima mereka setiap kali hujan datang.

Banjir tersebut dikarenakan aliran air penampung terlalu kecil sementara debit air besar, sehingga banjir tak terlelakkan.

"Kalau hujan deras itu pasti banjir, kalau menurut saya penyebabnya itu drainasenya itu kekecilan gak bisa menampung. Di rt 10 inilah yang paling parah. Jadi kalau banjir kami udah antisipasi lebih dulu," kata Eji.

Lebih lanjut, Eji mengatakan sudah banyak barang-barangnya yang rusak dikarenakan banjir yang selalu terjadi setiap kali hujan tersebut.

"Sudah banyak yang rusak barang-barang kami, gak terhitung lagi sampai hp, laptop semuanya. Ada yang paling besar dulu hampir 2 meter di dalam rumah, itu yang paling buat banyak rusak barang. Jadi kalau banjir kadang kami mengungsi," sambung Eji.

Ia mengatakan belum ada perhatian serius dari pemerintah dalam mengatasi banjir tersebut. Ia menyebut drainase di perumahan tersebut merupakan kunci menangani banjir tersebut.

"Sejauh ini belum ada perhatian pemerintah, Bupati Muaro Jambi sudah pernah kesini tapi cuma nengok-nengok aja, cuma foto terus balik. Harapan kami ini segera diperbesar drainasenya, dicarikan solusinya agar mengurangi banjir disini," kata Eji.

Terpisah, Mutamsi mengatakan warga dalam merayakan kemerdekaan RI pada 17an lalu ditengah-tengah banjir. Hal tersebut dikatakan merupakan biasa karena setiap kali hujan mengalami banjir.

"Terakhir banjir minggu, tapi itu berturut-turut, 17an kemarin banjir sampai tarik tambang lomba 17an di jalan yang kena banjir itu. Habis itu 2 hari lagi banjir, baru minggu kemarin banjir lagi lebih daei 1 meter. Kencang nian airnya udah kayak batanghari. Pokoknya kalau hujan setengah jam saja udah pasti banjir," kata Mutamsi.

Hal senada diungkap Mutamsi bahwa penyebab banjir akibat tidak mampunya aliran air menampung derasnya debit air sehingga banjir terjadi. Ia menyarankan Pemkot Jambi dan Pemkab Muaro Jambi bekerjasama dalam mencari solusi permasalahan tersebut.

"Penampung airnya itu terlalu kecil jadi gak mampu menampung jadi pasti banjir setiap hujan. Perhatian pemerintah itu gak ada, banjir disini udah terkenal masuk facebook, media tetap gak ada perhatian. Disini kan ada 5 RT, ada kota dan Muaro Jambi. Harusnya kan menyatu saja untuk mengatasi ini agar bisa mengatasi banjir disini ini," pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Sinopsis Cinta Setelah Cinta 30 Agustus 2022, Niko Talak 3 Ayu

Baca juga: Honda CARE, Solusi Mudah Motor Bermasalah di Jalan

Baca juga: Reaksi Venna Melinda Ketika Natasha Wilona Datang ke Syukuran Rumah Baru Verrell Bramasta

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved