Wisata Jambi

Wisata Jambi, Festival Tudung Lingkup di Seberang Kota Jambi Jadi Promosi Wisata Budaya

Festival Tudung Lingkup ini bukan hanya melestarikan budaya, namun bisa mampu menjadi penggerak ekonomi melalui UMKM. 

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rahimin
tribunjambi/fitri amalia
Peserta yang mengikuti Festival Tudung Lingkup, Minggu (28/82022) di Seberang Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Kawasan wisata Jambi di Seberang Kota Jambi digelar Festival Tudung Lingkup, Minggu (28/82022).

Festival Tudung Lingkup dirangkai dengan kegiatan penyambutan tim susur sungai kegiatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Provinsi Jambi. 

Sebanyak 1.200 peserta yang terdaftar mengikuti Festival Tudung Lingkup.

Festival Tudung Lingkup diharapkan bisa digelar setiap tahun.

Festival Tudung Lingkup ini bukan hanya melestarikan budaya, namun bisa mampu menjadi penggerak ekonomi melalui UMKM. 

Wakil Wali Kota Jambi Maulana membuka Festival Tudung Lingkup bertepatan dengan kedatangan tim susur Sungai Batanghari Kenduri Swarnabhumi 2022 yang singgah di Kota Jambi.

Maulana mengatakan, Festival Tudung Lingkup merupakan kearifan budaya lokal Seberang Kota Jambi yang hingga saat ini masih terjaga.

"Kami berharap bukan saja melestarikan budaya, namun Festival Tudung Lingkup mampu menjadi penggerak ekonomi wilayah Seberang Kota Jambi melalui UMKM  pelaku perajin batik Jambi," katanya. 

"Festival Tudung Lingkup menjadi budaya yang terus digelorakan, peran ibu-ibu di Kota Jambi juga besar, atas keberlangsungan budaya lokal ini. Ibu-ibu begitu semangat melestarikan budaya, mudah mudahan pesan moralnya untuk melestarikan budaya terus bisa kita digelorakan," sambungnya.

Maulana menegaskan kearifan budaya lokal di Seberang Kota Jambi perlu terus dihadirkan di tengah masyarakat saat ini. Mengingat, Seberang Kota Jambi merupakan pusat wisata budaya dan wisata religi di Jambi.

"Kita wajib menjaga, lingkungan dijaga dan budaya kita jaga, hari ini tim langsung kami sambut di dermaga sanggar batik kemudian mengikuti Festival Tudung Lingkup yang diikuti 1.000 ibu-ibu," pungkasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi Mariani Yanti mengatakan, Festival Tudung Lingkup pertama kalinya digelar.

"Kita mengangkat kearifan lokal tradisi tudung lingkup yang sudah lama ada di Seberang Kota Jambi, karena kemajuan jaman tradisi tersebut lama-lama tergerus karena itu kita ingin mengangkatnya kembali," jelasnya. 

Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi berencana akan menggelar Festival Tudung Lingkup setiap tahunnya dengan konsep yang berbeda.

Baca juga: Dinas Pariwisata Kota Jambi Berencana Jadikan Festival Tudung Lingkup Sebagai Agenda Tahunan

Baca juga: Maulana Buka Festival Tudung Lingkup, Kearifan Budaya Lokal Seberang Kota Jambi

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved