Harga Sembako Jambi

Harga Ikan Asin di Kuala Jambi Stabil, Ikan Gelama Belah Masih Rp25 Ribu per Kg

Harga hasil tangkapan nelayan Kecamatan Kuala Jambi, Tanjabtim yaitu ikan asin belum menampakkan adanya kenaikan.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Masyarakat Kampung Laut, Kuala Jambi sedang menjemur Ikan Asin di pinggir Laut 

 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK- Harga hasil tangkapan nelayan Kecamatan Kuala Jambi, Tanjabtim yaitu ikan asin belum menampakkan adanya kenaikan, meski hasil tangkapan nelayan berkurang.

Menurut Ani salah satu pengusaha ikan asin di Kuala Jambi, harga beberapa jenis ikan yang biasanya dibuat ikan asin, seperti ikan gelama belah Rp. 25.000 per Kg, gelama ongkol Rp. 15.000 per Kg, ikan tamban Rp. 15.000 per Kg, ikan selar Rp. 15.000 per Kg dan lain. 

Harga ikan asin dipengaruhi oleh hasil tangkapan nelayan. Jika hasil tangkapan nelayan sedikit, maka harga jual ikan asin bisa saja mahal. Akan tetapi, jika hasil tangkapan sedang-sedang saja, maka harganya akan normal.

"Harga ikan asin ini tidak bisa diprediksi kapan akan naik dan kapan akan turun. Tergantung dari hasil tangkapan nelayan," ungkapnya, Selasa (23/8/2022).

Lanjutnya, untuk mengolah ikan asin  dipengaruhi oleh cuaca. Jika cuaca panas maka kualitas ikan juga bagus. Berbeda lagi jika hujan turun terus menerus, maka ikan akan lembap dan dapat menyebabkan kualitasnya menjadi buruk.

Baca juga: Harga Sawit di Tanjab Timur Masih Tak Berubah, di Petani Rp 1.000-1.100 per Kg

"Kalau bagi yang tidak tahu cara mengolahnya pas saat musim hujan, hasil ikan asinnya jadi buruk, makanya kami harus pandai-pandai untuk mengolahnya," jelasnya.

Ani menambahkan, dengan usaha yang sudah lama dilakoninya ini bisa terus berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, meskipun harga sekarang masih dikatakan normal. Dan kepada pemerintah Ia juga berharap bisa mendapatkan perhatian dan dukungan.

Baca juga: Resmi Jadi Ketua DPD NasDem Tanjabtim, Robby Nahliyansyah Tidak Lakukan Perombakan Internal

"Selama ini kami tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Besar harapan, pengusaha kecil seperti ini bisa dibantu oleh pemerintah daerah," tuturnya.

(Tribun Jambi / Rifani Halim)

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

 

 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved