Sakernas Agustus 2022: Menangkap Perkembangan Ketenagakerjaan di Batang Hari

Sakernas Agustus 2022 juga mempunyai tujuan khusus untuk mengumpulkan informasi terkait dampak Covid-19 terhadap kondisi ketenagakerjaan di Indonesia.

Editor: Rahimin
istimewa
Badan Pusat Statistik (BPS) kembali melaksanakan kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional atau biasa disebut dengan Sakernas. 

Sakernas Agustus 2022: Menangkap Perkembangan Ketenagakerjaan di Batang Hari

Oleh: A. Puadi, S.IP. (Fungsional Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Batang Hari)

TRIBUNJAMBI.COM - Pada Agustus 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) kembali melaksanakan kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional atau biasa disebut dengan Sakernas.

Sakernas merupakan survei yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, Sakernas dilaksanakan di seluruh Indonesia sebanyak dua kali dalam setahun (semesteran), yaitu pada bulan Februari dan Agustus.

Sebagai satu survei rutin yang dilaksanakan oleh BPS, Sakernas menjadi salah satu sumber utama data ketenagakerjaan di Indonesia.

Data hasil Sakernas telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Oleh karena itu, kesinambungan akan ketersediaan dan kualitas data Sakernas harus tetap dijaga dan ditingkatkan.

Secara umum, tujuan pengumpulan data Sakernas Agustus 2022 adalah untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan.

Sedangkan secara khusus,  Sakernas Agustus 2022 bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran dan indikator penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangan yang representatif di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Selain itu, Sakernas Agustus 2022 juga mempunyai tujuan khusus untuk mengumpulkan informasi terkait dampak Covid-19 terhadap kondisi ketenagakerjaan di Indonesia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved