Advertorial

Bupati Batanghari Menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 RI

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief perdana menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih setelah dirinya menjabat sebagai kepala daer

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief perdana menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih setelah dirinya menjabat sebagai kepala daerah. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief perdana menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih setelah dirinya menjabat sebagai kepala daerah.

Upacara kali ini berbeda jika dibandingkan peringatan dua tahun belakangan yang dilakukan secara virtual namun kali ini diselenggarakan di Lapangan Garuda Muara Bulian, Rabu (17/8/2022).

Pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI berjalan dengan lancar dan khidmat. Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara, Kapten Inf AR Dalimunthe dari Danramil Mersam.

Bupati mengakui pelaksanaan tahun ini layaknya hal yang baru, sebab dua tahun belakangan daerah ini menjadi penyebaran pandemi Covid-19 maka diikuti secara virtual sehingga agak kurang khidmat.

“Tahun ini agak terasa khidmat dan bisa memakai baju PDU lagi. Jadi agak banyak perbedaanya. Kemudian juga, bisa melatih fisik, kalau melalui virtual agak lebih singkat waktunya dan di ruangan ber-ac. Hari ini kita betul-betul menjadi manusia sebenarnya, semua teman-teman mengikuti upacara di lapangan ini sehingga merasakan panas matahari dan merasakan keluh bersama,” katanya usai melaksanakan upacara kemerdekaa RI yang dihadiri Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar, Ketua DPRD Batanghari, Anita Yasmin.

Dan seluruh pimpinan Forkopimda Batanghari, kepala OPD dilingkungan Pemkab Batanghari, dan para tamu undangan lainnya yang hadir di sana.

Meski di bawah teriknya sinar matahari, Fadhil menyebut ini belum seberapa karena dulu para pejuang bukan hanya meneteskan keringat saja tapi meneteskan tumpah darah.

“Jadi apa yang dilakukan hari ini belum seberapa, tapi ini sebagai pengingat bahwa kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan lebih baik lagi dengan hati yang lebih baik dan dengan hati yang lebih ikhlas,” ujarnya.

Walau begitu, Suami Zulva ini kembali mengingatkan bahwa momen ini, bangsa Indonesia sudah 77 tahun merdeka. Meski begitu semua unsur masyarakat tetap satu dan kompak dengan berbagai cobaan.

“Dahulu ada agresi militer dari Belanda dan negara sekutu, kemudian ada pergantian orde lama menjadi orde baru kemudian ada pergantian lagi dari orde baru ke reformasi tapi negara ini tetap kuat. Dinamika-dinamika yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tetap NKRI terjaga dengan baik. Perlu kita ingat bersama dan kita jaga bersama,” ucapnya.

Bupati mengharapkan dengan momen kemerdekaan RI ini semua masyarakat dapat mengesampingkan semua perbedaan, mengesampingkan orientasi dan potensi sehingga betul-betul satu bangsa, satu negara di dalam daerah Kabupaten Batanghari menuju cita-cita leluhur pejuang pahlawan terdahulu yaitu masyarakat Indonesia adil dan makmur.

“Mencapai adil dan makmur semua harus memainkan perannya dengan optimal. Masyarakat dinyatakan merdeka, itu pertama pelayanan kepada mereka harus optimal. Caranya, kita harus minimalkan orang yang badannya tidak sehat, minimalkan orang yang tidak cerdas dan minimalkan orang yang tidak sejahtera,” kata Mantan Sekda Muaro Jambi ini.

Apabila bisa meminimalkan itu semua dan mungkin bisa dihapuskan maka semua akan merdeka sebegaimana mestinya.

“Jadi merdeka itu adalah fisiknya dan psikisnya jangan sampai badannya sehat tapi pikiranya ke mana-mana,” pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Pj Bupati Muaro Jambi Hadiri Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden

Baca juga: HUT ke-77 RI, Ketua DPRD Provinsi Jambi Ingatkan Kedasaran Bersama Membangun Bangsa

Baca juga: Perhatikan, Ini Rute Pawai HUT ke-77 RI yang Diadakan Pemprov Jambi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved