Profil Perkembangan Industri Mikro Dan Kecil Kabupaten Kerinci

Satu upaya pemerintah adalah menjadikan sektor industri sebagai penggerak pembangunan ekonomi.

Editor: Rahimin
istimewa
Guna memenuhi kebutuhan data industri, Badan Pusat Statistik secara berkala menyelenggarakan Survei Industri Mikro dan Kecil (IMK). 

TRIBUNJAMBI.COM - Beberapa tahun terakhir pemerintah sangat gencar meningkatkan pembangunan ekonomi Indonesia dengan tujuan agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memperluas lapangan kerja, mengatasi ketimpangan ekonomi dan ketimpangan  sosial.

Satu upaya pemerintah adalah menjadikan sektor industri sebagai penggerak pembangunan ekonomi.

Untuk dapat mengetahui perkembangan industri di tengah masyarakat diperlukan ketersedian data dan informasi pendukung yang akurat.

Guna memenuhi kebutuhan data industri, Badan Pusat Statistik secara berkala menyelenggarakan Survei Industri Mikro dan Kecil (IMK).

Kegiatan Survei IMK terbagi menjadi dua yaitu survei IMK Triwulan (VIMK Triwulanan) dan Survei IMK Tahunan (VIMK Tahunan).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kerinci.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kerinci. (istimewa)

VIMK Triwulan bertujuan mengetahui pertumbuhan produksi IMK yang dapat digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan ekonomi secara makro.

Sedangkan VIMK Tahunan bertujuan untuk mengetahui profil IMK di indonesia yang dapat digunakan sebagai bahan perencanaan pembangunan ekonomi secara makro.

Usaha/perusahaan IMK merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang tumbuh subur di Indonesia, termasuk juga di Provinsi Jambi.

Berdasarkan data Survei IMK Tahunan selama 3 tahun terakhir,  jumlah usaha/perusahaan IMK mengalami penurunan setiap tahunnya, dari 2018 sebanyak 34.564 menjadi sebanyak 28.159 pada 2019 dan pada 2020 menurun sebanyak 2.074 usaha menjadi sebbanyak 26.085 usaha/perusahaan yang tersebar di seluruh wilayah Jambi.

Namun, di setiap wilayah Kabuaten/Kota di Jambi tidak selalu mengalami penurun jumlah usaha/perusahaan, ada pula beberapa Kabupaten/Kota yang mengalami fluktuasi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved