Pertambangan dan Penggalian Sumber Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi Provinsi Jambi

Setelah Pertambangan dan Penggalian, sumber ekonomi tertinggi di Provinsi Jambi lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan

Editor: Rahimin
Istimewa
BPS Provinsi Jambi akan merilis pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan 2 tahun 2022 di Aula BPS Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM - Lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian menjadi sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi Provinsi Jambi pada triwulan II 2022 menurut lapangan usaha, yaitu sebesar 2,78 persen.

Sebagai  penyumbang utama pertumbuhan ekonomi Jambi pada triwulan ini dibanding periode yang sama tahun lalu (secara year-on-year), Pertambangan dan Penggalian tumbuh sebesar 12,36 persen.

Tingginya pertumbuhan lapangan usaha ini ditenggarai oleh meningkatnya produksi minyak dan gas bumi serta batubara.

Setelah Pertambangan dan Penggalian, sumber ekonomi tertinggi Provinsi Jambi adalah lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan dengan porsi 0,98 persen.

Ekonomi Jambi tumbuh 5,41 persen pada Triwulan 2 tahun 2022.
Ekonomi Jambi tumbuh 5,41 persen pada Triwulan 2 tahun 2022. (istimewa)

Lapangan usaha ini tumbuh sebesar 3,60 persen (y-on-y). Peningkatan produksi komoditas perkebunan menjadi pemicunya. Meskipun harga komoditas ini sempat turun, namun produksinya tetap meningkat.

Sumber pertumbuhan ekonomi selanjutnya adalah lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan yang menyumbang 0,58 persen pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi triwulan II 2022.

Lapangan Usaha ini tumbuh sebesar 20,72 persen. Peningkatan aktivitas pada semua moda transportasi terutama angkutan udara mendorong pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan.

Pemangku kebijakan harus mewaspadai kondisi ini. Karena tingginya pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi, separuhnya berasal dari Pertambangan dan Penggalian.  

Harus mencermati apakah tingginya pertumbuhan ekonomi ini bisa memberikan dampak pada penururnan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan pemerataan pendapatan.  (Data Jambi/Nerwilis/Risma Hapsari)

---

Informasi Indikator Statistik dan Data Jambi terkini dapat diakses melalui jambi.bps.go.id dan Sosial Media BPS Provinsi Jambi (IG, FB, dan Youtube BPS Provinsi Jambi).

Ayo persiapkan diri menyambut pelaksanaan Sensus Pertanian 2023

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Sakernas, Menyediakan Data Ketenagakerjaan yang Berkesinambungan

Baca juga: Ekonomi Jambi Triwulan 2 Tahun 2022 Tumbuh 5,41 Persen, Pertambangan Masih Mendominasi

Baca juga: Mendekatkan Literasi Statistik Sejak Dini di MTsN 3 Kota Jambi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved