Perekonomian Provinsi Jambi Triwulan II 2022 Tumbuh di Atas 5 Persen

Kenaikan produksi batu bara yang cukup tinggi pada periode ini berkontribusi pada tingginya pertumbuhan lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian

Editor: Rahimin
istimewa
Kepala BPS Provinsi Jambi Agus Sudibyo saat menyampaikan rilis. 

TRIBUNJAMBI.COM - Ekonomi Jambi triwulan II-2022 terhadap triwulan II-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,41 persen secara year-on-year.

Sebagian besar lapangan usaha mengalami pertumbuhan yang positif.

Lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi adalah Jasa Perusahaan sebesar 27,45 persen.

Peningkatan aktivitas pada biro maupun agen perjalanan wisata, seiring dengan telah dibukanya ibadah umroh dan dipermudahnya syarat melakukan perjalanan terutama penerbangan mendukung tumbuhnya Jasa Perusahaan.

Lapangan usaha selanjutnya yang tumbuh signifikan adalah Transportasi dan Pergudangan sebesar 20,72 persen, diikuti Pertambangan dan Penggalian yang tumbuh sebesar 12,36 persen.

Ekonomi Jambi tumbuh 5,41 persen pada Triwulan 2 tahun 2022.
Ekonomi Jambi tumbuh 5,41 persen pada Triwulan 2 tahun 2022. (istimewa)

Kenaikan produksi batu bara yang cukup tinggi pada periode ini berkontribusi pada tingginya pertumbuhan lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian.

Tidak semuanya tumbuh, beberapa lapangan usaha ada yang mengalami kontraksi diantaranya Jasa Keuangan dan Asuransi terkontraksi sebesar 8,48 persen; Administrasi Pemerintahan sebesar 7,50 persen; Jasa Pendiddikan sebesar 2,23 persen; dan Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 1.28 persen.

Dari sisi Pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Ekspor Barang dan Jasa yang tumbuh sebesar 10,88 persen, namun tingginya pertumbuhan ini terkoreksi oleh Impor Barang dan Jasa yang tumbuh lebih tinggi yaitu 11,07 persen.

Komponen selanjutnya yang tumbuh signifikan adalah Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga sebesar 7,10  persen; dan Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga sebesar 5,77 persen.

Sedangkan Pembentukan Modal Tetap Bruto tumbuh relatif kecil yaitu sebesar 2,17 persen. Sementara itu, komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah mengalami kontraksi sebesar 6,66 persen. (Data Jambi/Nerwilis/Risma Hapsari)

Informasi Indikator Statistik dan Data Jambi terkini dapat diakses melalui jambi.bps.go.id dan Sosial Media BPS Provinsi Jambi (IG, FB, dan Youtube BPS Provinsi Jambi).

Ayo persiapkan diri menyambut pelaksanaan Sensus Pertanian 2023

Baca juga: Sakernas, Menyediakan Data Ketenagakerjaan yang Berkesinambungan

Baca juga: Profil Perkembangan Industri Mikro Dan Kecil Kabupaten Kerinci

Baca juga: Ekonomi Jambi Triwulan 2 Tahun 2022 Tumbuh 5,41 Persen, Pertambangan Masih Mendominasi

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved