Ekonomi Jambi Triwulan 2 Tahun 2022 Tumbuh 5,41 Persen, Pertambangan Masih Mendominasi

Disampaikan, ekonomi Jambi tumbuh 5,41 persen pada Triwulan 2 tahun 2022, disebabkan kenaikan Produk Domestik Regional Bruto

Editor: Rahimin
istimewa
Ekonomi Jambi tumbuh 5,41 persen pada Triwulan 2 tahun 2022. 

TRIBUNJAMBI.COM - Kepala BPS Provinsi Jambi Agus Sudibyo rilis berita resmi statistik, Jumat (5/8/2022).

Disampaikan, ekonomi Jambi tumbuh 5,41 persen pada Triwulan 2 tahun 2022.

Hal ini disebabkan kenaikan Produk Domestik Regional Bruto atas dasar harga konstan dari Rp. 38,37 triliun pada triwulan 2-2021 menjadi Rp. 40,45 triliun pada triwulan 2-2022.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan indikator penting dalam mengukur pertumbuhan ekonomi di suatu region atau daerah dalam periode waktu tertentu.

Ada dua jenis PDRB yakni PDRB atas dasar harga berlaku dan PDRB atas dasar harga konstan.

PDRB atas dasar harga konstan sendiri menunjukkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai dasar.

Pertumbuhan Ekonomi di Jambi ini tentunya angin segar atas penurunan ekonomi di tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi covid lalu.
Pertumbuhan Ekonomi di Jambi ini tentunya angin segar atas penurunan ekonomi di tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi covid lalu. (istimewa)

Jika dibandingkan dengan dengan triwulan sebelumnya, pertumbuhan q-to-q tertinggi triwulan 2-2022 terjadi pada Jasa Perusahaan, Transportasi dan Pergudangan dan Jasa lainnya yang masing-masing nya sebesar 14,47 persen, 14,09 persen dan 12,47 persen.

Hal sebaliknya terjadi pada Jasa Keuangan dan Asuransi, Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial serta Konstruksi yang mengalami kontraksi terdalam dengan masing-masingnya turun sebesar 10,72 persen, 7,45 persen dan 6,97 persen. 

Dalam rilis tersebut disampaikan juga bahwa pertambangan  merupakan sumber pertumbuhan tertinggi dalam struktur pertumbuhan ekonomi Jambi triwulanan menurut lapangan usaha yaitu sebesar 2,78 persen.

Produksi minyak dan gas bumi meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya maupun tahun sebelumnya, begitupun dengan produksi batubara.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved