Breaking News:

Dosen PIAUD UIN Jambi Memberi Materi Parenting di Sekolah Islam Terpadu Fania Salsabila Barokah

Parenting sebagai sebuah pola pengasuhan dan merupakan singkatan teknik-teknik dasar pengasuhan anak bersifat holistik, sederhana, dan praktis.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/M Yon Rinaldi
Guru Sekolah Islam Terpadu (SIT) Fania Salsabila. 

Dosen PIAUD UIN Jambi Memberi Materi Parenting Pada Sekolah Islam Terpadu Fania Salsabila Barokah 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Sebagai sekolah yang terus menunjukkan eksistensinya dan berbenah dalam mengembangkan SDM yang berkualitas, maka perlu melakukan kegiatan yang dapat memberi manfaat baik bagi guru maupun orang tua murid yang ada di lingkungan sekolahnya. 

Demikian pula yang dilakukan oleh Sekolah Islam Terpadu (SIT) Fania Salsabila yang baru berdiri selama lebih kurang 3 tahun. SIT yang berdiri di kawasan mendalo ini, sabtu (6 agustus 2022) mengadakan semacam workshop “Parenting” yang diperuntukkan bagi guru dan orang tua dengan mengangkat tema “Pentingnya Pola Asuh Terhadap Anak di dalam Keluarga”. 

Menurut ketua Yayasan SIT Fania Salsabila Barokah, Abdul Somad, bahwa kegiatan yang dilakukan ini semata-mata untuk meningkatkan pemahaman guru dan orang tua dalam mendidik anak yang terfokus pada pengasuhan di rumah.

"Sehingga akan dicapai sinergitas antara orang tua dan sekolah dalam mendidik anak sehingga akan memunculkan persamaan persepsi bagaimana sebaiknya melakukan dan memberdayakan anak," ujarnya.

Sementara itu, Melawati, S.Pd selaku kepala TKIT Fania Salsabila Barokah melaporkan ada lebih kurang 30 orang tua yang berkesempatan hadir dan 3 guru kami yang mendampingi diantaranya Nurhayati, S.Si, Devi, S.Pd dan Mentari Ariska, S.Pd dengan menghadirkan nara sumber Ridwan, S.Psi.,M.Psi., Psikolog selaku ketua PRODI PIAUD UIN Jambi

"Tentu kami berharap akan banyak pengetahuan yang akan kita peroleh dari pemateri kita serta dalam kesempatan yang sama pula kita menjajagi kerjasama antara TKIT dan PRODI PIAUD," ujarnya.

"Untuk itulah kegiatan ini kami adakan dan kami juga mencoba mengadakan berbagai kegiatan lain yang sering kami lakukan dalam meningkatkan kompetensi guru serta para orang tua," tambahnya.

Sementara itu, Ridwan dalam pemaparan materinya mengatakan kalau anak itu merupakan investasi bagi kita menuju akhirat, kalau kita mendapat anak yang soleh maupun soleha, maka mudah-mudahan surga yang kita dapat tapi sebaliknya sebab do’a dari anak yang soleh lah yang mampu menghantarkan kita ke surga. 

Ridwan juga menjelaskan makna dari Parenting sebagai sebuah pola pengasuhan dan merupakan singkatan teknik-teknik dasar pengasuhan anak bersifat holistik, sederhana, dan praktis untuk diaplikasikan. 

Ada Beberapa aspek gaya perlakuan orang tua (parenting style) memberikan konstribusi terhadap kompentensi sosial, emosional, dan intelektual bagi anak, diantaranya.

1. Authoritarian
Yang mana gaya pengasuhan orang tua berupa : Sikap “acceptance” rendah, namun kontrolnya tinggi ditandai dengan, Suka menghukum secara fisik.

Bersikap mengomando (mengharuskan/memerintah anak untuk melakukan sesuatu tanpa kompromi) bersikap kaku (keras)
Cenderung emosional dan bersikap menolak.

Akibatnya anak akan menjadi mudah tersinggung, penakut, pemurung, tidak bahagia, mudah terpengaruh, mudah stress, tidak mempunyai arah masa depan yang jelas dan tidak bersahabat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved