Harga Sawit Jambi

Harga Sawit di Batanghari Belum Normal, Petani Masih Menanti Kenaikan Capai Rp 2.000 per Kilogram

Harga sawit di kalangan petani di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi tak kunjung normal hingga Sabtu (6/8/2022).

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/MUSAWIRA
Kelapa sawit usai dipanen diangkut menggunakan mobil pikap milik Ketua Kelompok Tani Alam Sejahtera Kelurahan Muara Jangga Kecamatan Batin XXIV, Sulis Triyanto. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Harga sawit di kalangan petani di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi tak kunjung normal hingga Sabtu (6/8/2022).

Padahal, baru-baru ini Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) telah menargetkan harga TBS kelapa sawit di tingkat petani segera naik.

Pernyataan Mendag Zulhas saat itu bikin petani sawit di Batanghari semringah.

Bukan tanpa sebab di hadapan para petani sawit di Desa Simpang Jelutih, Kecamatan Batin XXIV Mendag bilang TBS kelapa sawit dalam satu atau dua minggu ke depan mencapai Rp 2.000 per kilogram.

Atau tidak, semestinya harga TBS berkisar Rp 1.800 per kilogram satu atau dua hari usai kunjungannya itu.

Namun, informasi harga sawit terbaru disampaikan Ketua Kelompok Tani Alam Sejahtera Kelurahan Muara Jangga Kecamatan Batin XXIV, Sulis Triyanto.

“Harga sawit belum stabil, di tingkat petani dijual ke tengkolak dengan buah pasiran sebesar Rp800 per kilogram, kalau buah bagus Rp 1.000 per kilogram,” ujarnya saat dikonfirmasi Tribunjambi.com.

Berbeda, jika petani di wilayah Batin XXIV menjualnya di pabrik mencapai Rp1.245 per kilogram per hari ini sedangkan tingkat loading RAM itu sebesar Rp1.390 per kilogram.

Petani swadaya itu sangat antusias apa yang sudah disampaikan oleh Mendag. Harga TBS kelapa sawit naik menjadi Rp2.000 per kilogram.

Sebab, harga yang saat ini diterapkan bikin petani menderita. Berakibat kebun tidak terpelihara karena pupuk ganti harga.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved