Brigadir Yosua Tewas Ditembak

Jabatan 3 Jenderal Dicopot, Penyidikan Kematian Brigadir J Diyakini Bekto Suprapto Berjalan Cepat

Penyidikan Kematian Brigadir J akan lebih cepat setelah kapolri mencopot tiga jenderal dari jabatannya termasuk irjen ferdy sambo

Penulis: Suang Sitanggang | Editor: Suang Sitanggang
TRIBUNJAMBI/KOMPAS/HO
Mantan Wakil Kabareskrim, Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto (tengah) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mantan Wakil Kabareskrim, Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto, memuji langkah Kapolri yang mencopot tiga jenderal dari jabatannya.

Ketiga jenderal yang dicopot dari jabatannya lalu mutasi ke Yanma Mabes Polri itu adalah Irjen Pol Ferdy Sambo, Brigjen Pol Hendra Kurniawan, dan Brigjen Pol Benny Ali.

"Kapolri sudah bertindak tegas. Pertama dinonaktifkan, lalu yang kedua ada pergantian, sejumlah nama diganti. Saya bilang ini akan serius sekali," ungkap Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto menganalisa kebijakan Kapolri, pada wawancara di Kompas TV, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, dengan adanya pergantian di posisi penting itu, akan membuat penyidikan kasus kematian Brigadir Yosua Hutabarat akan berjalan dengan cepat.

Dia juga menjelaskan, di kepolisian memang ada budaya melindungi teman.

Menurutnya itu selama ini menjadi hambatan penyidikan kasus yang menyita perhatian masyarakat Indonesia itu.

"Ada kebudayaan polisi itu semacam kewajiban melindungi teman ya. Tapi sebenarnya (kewajiban melindungi) itu harus bisa dipertanggungjawabkan secara hukum, secara disiplin kode etik," ungkapnya.

Kemudian Bekto menyebut pencopotan jabatan yang Kapolri lakukan kemarin, baru terkait masalah administrasi.

"Nanti akan segera disusul pemeriksaan disiplin, kode etik, pemeriksaan pidana," ungkap mantan Kepala Densus 88 Antiteror itu.

Sementara terkait penetapan tersangka, menurutnya, sejak 8 Juli 2022 lalu harusnya sudah bisa ditetapkan, tak harus menunggu 4 minggu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved