Menanti Geliat Bonus Demografi Provinsi Jambi

Bonus Demografi merupakan potensi terjadinya pertumbuhan ekonomi akibat banyaknya penduduk usia produktif (15-64 tahun) dibandingkan penduduk usia

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Kantor BPS Provinsi Jambi 

Menanti Geliat Bonus Demografi Provinsi Jambi

Oleh Adi Permana (Pranata Komputer Ahli Muda BPS Kabupaten Muaro Jambi)

TRIBUNJAMBI.COM - Bonus Demografi merupakan potensi terjadinya pertumbuhan ekonomi akibat banyaknya penduduk usia produktif (15-64 tahun) dibandingkan penduduk usia lansia dan anak-anak.

Para ahli yang mendukung konsep bonus demografi berpendapat bahwa semakin banyak kelompok usia produktif, maka aktivitas ekonomi suatu negara akan meningkat.

Hal ini terjadi akibat besarnya peluang kelompok usia produktif untuk bekerja ataupun merintis usaha sebagai penggerak ekonomi keluarga.

Hasil Proyeksi Interim 2022: 69 persen masyarakat Jambi berusia produktif

Menurut rilis data proyeksi interim 2022 oleh Badan Pusat Statistik, penduduk Provinsi Jambi berusia produktif sebanyak 2.511.443 jiwa, atau 69,16 persen dari total penduduk Provinsi Jambi.

Baca juga: BPS Provinsi Jambi Sampaikan Informasi Soal Kemiskinan

Baca juga: BPS Sampaikan Tingkat Hunian Hotel di Jambi Tinggi Pada Mei 2022 Seiring Covid-19 Melandai

Artinya hanya sekitar 31 persen penduduk usia lanjut dan anak-anak yang menjadi tanggungan kelompok usia produktif.

Bahkan persentase non-produktif ini dalam kenyataannya bisa lebih kecil karena sebagian dari penduduk usia lanjut juga mampu berdikari, seperti para dosen, profesor, pensiunan, maupun para lansia lainnya yang memiliki usaha secara mandiri.

Tingginya kelompok usia produktif menggambarkan modal sumber daya manusia Jambi lebih dari cukup untuk membangkitkan perekonomian yang sempat lesu akibat mewabahnya Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved