Menghitung Angka Pengangguran Kota Sungai Penuh Melalui Sakernas Agustus 2022

Sakernas adalah survei strategis BPS yang akan menghasilkan indikator seperti: tingkat pengangguran terbuka

Editor: Rahimin
Istimewa
Badan Pusat Statistik Kota Sungai Penuh mulai melaksanakan Survei Angkatan Kerja Nasional 

TRIBUNJAMBI.COM - Badan Pusat Statistik Kota Sungai Penuh mulai melaksanakan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) bulan Agustus 2022 untuk memetakan kondisi ketenagakerjaan di Kota Sungai Penuh.

Sakernas adalah survei strategis BPS yang akan menghasilkan indikator seperti: tingkat pengangguran terbuka, tingkat partisipasi angkatan kerja, lapangan usaha penduduk yang bekerja, dan indikator ketenagakerjaan lainnya.

Pendataan ini dilakukan secara sampel pada 440 rumah tangga terpilih. Untuk menjamin kualitas data yang dihasilkan, para petugas Sakernas diseleksi dan dilatih terlebih dahulu.

Pelatihan tersebut bertujuan agar petugas dapat memahami konsep dan definisi yang digunakan dalam survei ini. Sebanyak 15 petugas akan melakukan wawancara pada rumah tangga terpilih.

“Berdasarkan hasil survei bulan Agustus tahun yang lalu, penduduk yang bekerja di Kota Sungai Penuh yakni sebesar 43.052 jiwa yang mayoritas bekerja di sektor jasa. Sementara penduduk yang menganggur adalah sebanyak 1.331 jiwa atau 2,99 persen dari angkatan kerja. Penduduk yang menganggur tersebut sebesar 39,90 persen berpendidikan perguruan tinggi, 13,29 persen berpendidikan SMA sederajat, 15,18 persen berpendidikan SMP sederajat, dan 31,63 persen berpendidikan SD kebawah”, ujar Kuswan Gunanto, Kepala BPS Kota Sungai Penuh.

“Tingkat pengangguran terbuka tahun 2021 lebih baik dibandingkan dengan tahun 2020 yang sebesar 5,55%. Hal ini menandakan adanya perbaikan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Akan tetapi, masih terdapat beberapa pekerjaan rumah untuk pengambil kebijakan terutama tentang tingginya angka pengangguran terdidik di Kota Sungai Penuh," tambahnya.

“Kami berpesan kepada masyarakat Kota Sungai Penuh yang terpilih menjadi sampel Sakernas Agustus 2022, agar menerima kedatangan petugas survei," pungkasnya.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved