Pemilu 2024

Gerindra-PKB Daftar Tanggal 8 Bulan 8, Koalisi Indonesia Bersatu Pilih Tanggal 10 Jam 10

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB berencana melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada

Editor: Fifi Suryani
KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB berencana melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin pekan depan atau pada 8 Agustus 2022. PKB akan mendatangi kantor KPU bersama dengan Partai Gerindra.

”Kami sudah berkoordinasi dengan KPU mendaftar pada tanggal 8 bulan 8, itu hari yang baik dan membawa energi kemenangan. Kami bareng Gerindra,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB, Hasanuddin Wahid, Senin (1/8).

Keterangan Hasanuddin itu diamini oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. "Kami daftar tanggal 8 (Agustus)," kepada wartawan. Namun Dasco tak menjelaskan siapa saja dari masing-masing partai yang akan datang saat pendaftaran. Namun yang pasti kedua partai itu juga sudah menyampaikan rencana tersebut kepada KPU.

”Gerindra dan PKB mengkonfirmasi akan hadir bersamaan tanggal 8 Agustus,” kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Gedung KPU, Jakarta Pusat. "Nanti kita lihat perkembangannya bahwa partai politik yang hadir ke KPU setidak-tidaknya mengkonfirmasi hadir ke KPU," lanjutnya.

Selain Gerindra dan PKB yang akan mendaftar bareng, Hasyim juga memastikan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga akan mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 bersama-sama. Jika PKB-Gerindra memilih angka serba 8, maka KIB akan mendaftar ke KPU pada 10 Agustus mendatang. "Ada juga partai-partai sudah mengonfirmasi kehadirannya sesuai dengan yang semula dijadwalkan hari ini dijadwalkan ulang ada beberapa. Misalkan seperti PPP Golkar dan PAN akan mendaftar di hari yang sama yaitu tanggal 10 Agustus 2022 ini,” ucap Hasyim.

Pernyataan Hasyim itu dibenarkan Wakil Ketua Umum Bidang Kominfo Partai Golkar, Nurul Arifin. "Tanggal 10 jam 10.00 WIB. Bareng sama ketum-ketum KIB," kata Nurul dalam pernyataannya yang diterima Tribunnews, Senin (1/8). Saat ditanya titik awal keberangkatan para ketua umum KIB menuju kantor KPU, anggota Komisi I DPR itu mengaku belum mengetahui persis. "Kemungkinan dari Widya Chandra, nanti aku kabari kalau sudah fix," kata Nurul.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan rencana mendaftar serentak ini sebagai bukti soliditas KIB. “PPP berencana mendaftar berbarengan dengan Golkar dan PAN, sesama partai Koalisi Indonesia Bersatu ini menunjukan soliditas kami bahwa keseriusan koalisi bukan isapan jempol semata,” kata Awi, sapaan akrabnya, saat dihubungi.

Anggota Komisi IV DPR RI ini menambahkan, secara data pihaknya sudah siap 100 persen. Kemudian data Kartu Tanda Anggota (KTA) kepengurusan pun sudah 100 persen pula. Meski sudah 100 persen, sambung dia, data itu masih perlu dilakukan validasi ulang. “Secara prinsip kita sudah siap. Tapi memang memunggu waktu yang pas dengan teman-teman KIB, yakni berencana dengan Golkar, PAN dan PPP,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan rencana pendaftaran bersama KIB pada 10 Agustus itu masih sementara. KIB masih mencocokkan tanggal dengan masing-masing parpol anggota koalisi. “Kita lagi mencocokan tanggal dengan tiga partai, ada rencana semula tanggal 10 Agustus. Tapi update perkembangannya akan kita sampaikan,” kata Awi.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved