Berita Jambi

Bank Indonesia Jambi Laksanakan Serambi 2022

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Semarak Ekspo Syari’ah Jambi (Serambi) 2022 berlangsung selama 3 har

ist
Bank Indonesia Jambi Laksanakan Serambi 2022 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Semarak Ekspo Syari’ah Jambi (Serambi) 2022 berlangsung selama 3 hari, dari 29 Juli sampai 31 Juli 2022.

Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya yang di selengarakan secara daring, tahun ini Serambi dilaksanakan di Jambi Town Square (Jamtos) dengan mengadakan Expo berbagai produk UMKM Jambi.

Pembukaan kegiatan Serambi di lakukan oleh Gubernur Jambi Al Haris di Jamtos, Jumat (29/7/2022). Pembukaan Serambi di hadiri berbagai undangan di antara nya Kepala OJK Jambi, Perbankan Syariah, Rektor, tidak lupa UMKM unggulan provinsi Jambi.

Dalam kata sambutanya Al Haris mengatakan dia sangat mendukung Penyelenggaraan Kegiatan Semarak Ekspo Syariah Jambi (SERAMBI) Tahun 2022 ini.

"saya berharap kegiatan yang dilakukan ini tidak hanya sebagai rutinitas dan seremonial saja, akan tetapi dapat kita jadikan momentum untuk membangkitkan pengembangan ekonomi masyarakat dengan berbasis keuangan syariah. Diantaranya dengan menumbuhkembangkan usaha-usaha masyarakat yang berbasis koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, baik dengan memberikan pembinaan dan fasilitasi pembiayaan, sehingga akan tumbuh dan berkembang usaha-usaha masyarakat yang pada akhirnya akan terbentuk struktur ekonomi yang kuat di Provinsi Jambi," ujarnya.

Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution mengatakan hadirnya event Serambi ini dalam rangka mendorong akselerasi penguatan pengembangan kelembagaan untuk Ekonomi Syariah ( eksyar ) melalui penguatan Rantai Nilai Halal (RNH) / Halal Value Chain (HVC) yang dilakukan dengan end to-end, sehingga menghasilkan high quality local product.

Sebagaimana kita rasakan bersama bahwa tren Halal Lifestyle telah masuk ke berbagai sektor, mulai dari restoran, supermarket, bahkan hingga produk kecantikan yang berlomba-lomba menciptakan brand image halal. Sehingga dibutuhkan adanya penguatan rantai nilai industri halal (Halal Value-chain), standarisasi produk, permodalan dan teknologi yang sesuai dengan prinsip syariah.

"Oleh karena itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menginisiasi kegiatan SERAMBI (Semarak Ekspo Syariah Jambi) 2022 sebagai sarana edukasi dan awareness masyarakat terhadap potensi halal market. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid selama 3 hari yaitu sejak hari Jumat 29 Juli 2022 sampai hari minggu pada 31 Juli 2022," ujarnya.

Sementara itu, Serambi tahun ini kembali menghadirkan pawai obor dalam rangka tahun baru Islam 1443 H yang mengambil rute titik Start di Masjid Nurdin Hasana dan Finish di Jamtos.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, turut ambil bagian dalam kegiatan yang berlangsung Jumat malam ini.

Fasha mengatakan kegiatan pawai obor sudah seperti tradisi yang dilaksanakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jambi. Walaupun sempat absen selama dua tahun karena pandemi covid tetapi malam ini kembali dilaksanakan.

"Kami atas nama pemerintah kota Jambi sangat bangga dan sangat terbantu dengan kegiatan ini," ujarnya.

Wali Kota Jambi menyebut kegiatan SERAMBI 2022 menandakan bahwa produk-produk yang mengikuti kegiatan ini baik itu kuliner maupun non kuliner yang adalah produk yang terjamin halal.

"Ini juga yang kami perjuangkan, bagaimana rumah makan di Jambi ini bisa mendapat sertifikasi halal semuanya, meskipun memang sudah halal tapi lebih baik," kata Fasha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved