Berita Kerinci

Rektor IAIN Memimpin Doa Kenduri Sko 3 Desa Koto Iman, Koto Salak dan Agung Koto Iman

Warga tiga desa Koto Iman, Koto Salak dan Agung Koto Iman, Kecamatan Tanco melaksanakan Kenduri Sko, Jumat (29/7).

Penulis: Herupitra | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
TRIBUNJAMBI.COM/HERUPITRA
Rektor IAIN Memimpin Doa Kenduri Sko 3 Desa Koto Iman, Koto Salak dan Agung Koto Iman 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Warga tiga desa Koto Iman, Koto Salak dan Agung Koto Iman, Kecamatan Tanco melaksanakan Kenduri Sko, Jumat (29/7).

Merupakan 'anak jantan' dari 3 desa tersebut, Rektor IAIN, Dr Asa'ari M Ag diberi amanah memimpin doa di acara tersebut.

"Tentu saya dengan senang hati mengemban amanah ini, bukan karena apa-apa dan siapa siapa, tapi karena darah yang mengalir dalam diri saya asli dari Koto Iman, baik ayah maupun Ibu, meski saya dilahirkan di Koto Salak," ujar Dr Asa'ari usai acara.

Diungkapkannya, 3 desa ini tidak ada bedanya, semua masih terasa dalam satu keketabatan. Apalagi kenangnya, masa kecil dirinya banyak dihabiskan bermain di rumah neneknya, tepatnya di belakang Mesjid Monumen Gempa Koto Iman.

"Dan benda-benda pusaka 3 Desa inipun hingga saat ini masih tersimpan di rumah Kakanda saya Almarhum Abuya Sanusi Husin. Mudah-mudahan tetap terjaga dengan baik," harapnya.

Katanya, saat memimpin doa diacara yang dihadiri Gubernur Jambi diwakili Asraf dan Bupati Kerinci Adorizal doa yang terpanjat adalah untuk keselamatan, keberkahan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kemajuan masyarakat dan negeri.

"Dan tentu saja perubahan dan kemajuan itu memerlukan ikhtiar. Allah tidak akan merubah kondisi suatu kaum hingga mereka berusaha untuk merubahnya," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya kenduri adat atau Sko ini bisa membangkitkan semangat baru dengan Pemangku-pemangku Adat yang baru.

"Bak salukoh adat mengato "Lapuk-lapuk diganti, usang-usang diperbarui". Mereka akan bertugas menyusun negeri, menjernihkan yang keruh, mengurai yang kusut. Semoga membawa berkah untuk semua," pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Tonton Video Polisi Asal Jambi Tewas Ditembak di Jakarta, Kondisinya Tragis

Baca juga: Sinopsis Yang Hilang Dalam Cinta Episode 1, Ketika Kekasih Menghilang Sehari Sebelum Pernikahan

Baca juga: Ternyata Bharada E Diam-diam Sudah Diperiksa LPSK untuk Perlindungan Pasca Tewasnya Brigadir J

Baca juga: West Ham United Naikkan Tawaran untuk Piotr Zielinski, Mendekati Nominal yang Diminta Napoli

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved