Layanan One Day One Service Tak Bisa Dilakukan Jika Masyarakat Tak Bawa Data Lengkap ke Dukcapil

Pelayanan One Day One Service dk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjabtim sudah berjalan sejak tiga bulan.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tanjabtim, Aruji. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK- Pelayanan One Day One Service dk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjabtim sudah berjalan sejak tiga bulan. Guna Demi meningkatkan pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tanjabtim, Aruji berkata, sistem tersebut semuanya berjalan baik serta lancar dan masyarakat pun senang karena pelayanannya bisa ditunggu. Hal ini berbeda dengan sebelumnya bisa 3 sampai 7 hari.

"Dari kementerian memang Dinas Dukcapil di seluruh Indonesia dituntut untuk melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Maka dari itu, kita membuat pelayanan One Day One Service," ujarnya, Kamis (28/7/2022).

Pemberlakuan One Day One Service itu adalah pelayanan dokumen kependudukan yang bisa langsung diproses dan selesai dalam satu hari. Dengan catatan, seluruh berkas persyaratannya lengkap tanpa ada kekurangan dan kesalahan.

"Kalau ada permasalahan, baik itu persyaratannya kurang atau pun ada yang salah, maka kami tidak bisa memprosesnya. Untuk itu, yang bersangkutan untuk melengkapi dulu berkas persyaratannya," katanya.

Baca juga: Harga Sawit Murah, Petani di Tanjabtim Pilih Tak Jual

Ia menerangkan, Day One Service ini dilakukan dimulai memasukan berkas dengan petugas loket. Kemudian petugas memeriksa kelengkapan berkas. Jika berkas sudah dinyatakan lengkap, maka berkas selanjutnya dibawa ke petugas verifikasi. Selanjutnya, jika tidak ada lagi kesalahan, maka dokumen siap untuk dicetak.

"Sementara untuk pelayanan KTP-el, tidak sama. Jika tidak ada permasalahan koneksi, maka KTP-el bisa langsung dicetak," terangnya.

Di samping adanya kesalahan pada berkas persyaratan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang jauh. Dukcapil akan memberikan dispensasi dokumen yang diurusnya akan disiapkan. Dengan catatan, setelah itu yang bersangkutan harus melengkapi persyaratan yang kurang.

Baca juga: Harga Sawit di Tanjabtim Rabu (27/7/2023) Masih Rp 600-700 Per Kilogram

"Hal itu adalah salah satu komitmen kita untuk melayani masyarakat, khusus kepengurusan dokumen kependudukan di Kabupaten Tanjabtim," terangnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved