KPU Muaro Jambi Gelar Rakor Persiapan Pemilu 2024

KPU Muaro Jambi menggelar rapat koordinasi terkait dengan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik di Pemilu 2024.

Penulis: Muzakkir | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Muzakkir
KPU Muaro Jambi menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait dengan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik (Parpol) peserta Pemilu Anggota DPRD dan DPRD tahun 2024 mendatang, Rabu (27/7). 

 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait dengan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik (Parpol) peserta Pemilu Anggota DPRD dan DPRD tahun 2024 mendatang, Rabu (27/7).

Rakor yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi Elfi Prasatia tersebut menghadirkan unsur terkait dan juga partai politik yang bakal mengikuti kontestasi politik di 2024 mendatang.

Dalam arahannya ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi Elfi Prasatia menyebut jika rakor ini sangat penting, dimana mereka akan menjelaskan bagaimana teknis pendaftaran dan verifikasi yang bakal dilakukan oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu.

Ada beberapa point penting yang ditegaskan dalam pemaparan tersebut, diantaranya mengenai nama calon legislatif.

Baca juga: Tahapan Pemilu 2024, KPU Muaro Jambi Tunggu Arahan Pusat

Katanya, untuk nama, tidak boleh salah dalam penulisan, nama harus diseragamkan dengan kartu keluarga. Misal, jika nama di KK menggunakan Muhammad, maka didalam berkas juga harus menggunakan Muhammad, jangan menggunakan nama singkatan.

"Tulisan Muhammad jangan disingkat menjadi M saja, tapi harus lengkap, begitu juga yang lainnya," kata Elfi.

Selain itu, semua pengurus parpol harus lengkap sebagaimana yang diatur oleh KPU pusat, dimana kepengurusan partai politik tidak dalam status bermasalah atau dualisme.

Baca juga: Pilkada 2024, KPU Muaro Jambi Usulkan Rp 42 Miliar Lebih

"Parpol juga harus memiliki rekreteriat yang tetap sampai tahapan pemilu selesai, atau setidaknya dua tahun bagi yang ngontrak. Itu dibuktikan dengan kwitansi," imbuhnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

 

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved