Berita Tanjab Timur

Parpol Lolos Parlemen Tak Perlu Ikut Verifikasi Faktual

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa tahap verifikasi faktual sebagai tahapan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hanya diperuntukkan

Penulis: Rifani Halim | Editor: Suci Rahayu PK
Tribunjambi.com/Rifani Halim
Plt KPU Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Abd. Haris 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa tahap verifikasi faktual sebagai tahapan peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 hanya diperuntukkan bagi partai politik (parpol) baru dan parpol peserta Pemilu 2019 lalu yang tidak lolos ke Senayan.

Artinya parpol yang lolos parlemen tak perlu mengikuti verifikasi faktual Pemilu 2024.

Saat ini diketahui ada sembilan parpol yang lolos parlemen. Diantaranya PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem, PAN, PKS, Demokrat, dan PPP.

"Ketetapan bunyi itu sudah sesuai Putusan MK (Mahkamah Konstitusi) Nomor 55 Tahun 2020," kata Plt KPU Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Abd. Haris, Senin (25/7/2022).

Dia menjelaskan, berdasarkan putusan MK tersebut kendati partai politik yang telah lolos verifikasi Pemilu 2019 dan lolos Parliamentary Threshold atau ambang batas parlemen tetaplah diverifikasi secara administrasi.

Sementara itu, parpol peserta Pemilu 2019 yang tidak memenuhi Parliamentary Threshold dan parpol baru harus mengikut verifikasi administrasi dan faktual.

"Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Tahapan, pendaftaran parpol dan verifikasi sebagai peserta pemilu akan berlangsung sepanjang 29 Juli hingga 14 Desember 2022. Kemudian ada langkah berikutnya verifikasi faktual bagi parpol yang tidak punya kursi di DPR RI," lanjutnya. (Tribun Jambi / Rifani Halim)

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Jamaah Haji Tanjabtim Akan Lakukan Sholat Arabian, Rukun Haji Sudah Selesai

Baca juga: Bea Cukai Jambi Musnahkan 3 Juta Rokok dan Puluhan Liter Minol Ilegal

Baca juga: 3.300 Tenaga Honorer, Pemda Tebo Hanya Ajukan 271 Formasi PPPK

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved