Berita Kota Jambi

Naik Level, Transformasi Kota Jambi Sebagai Kota Layak Anak Kategori Nindya

Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi kembali sukses menjaga momentum meraih predikat KLA untuk kesekian kalinya.

Editor: Rahimin
istimewa
Wakil Wali Kota Jambi Dr dr H Maulana MKM menerim penghargaan yang diserahkan langsung Menteri PPPA Bintang Puspayoga bertempat di Novotel Golf Resort Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (22/7/2022).  

Kota Jambi Juga Raih Manajemen Kepegawaian Terbaik Tingkat Nasional 

TRIBUNJAMBI.COM, BOGOR - Kota Jambi kembali menunjukkan kelasnya sebagai daerah yang produktif untuk urusan prestasi.

Berbagai raihan penghargaan dan apresiasi diberbagai level daerah, nasional, bahkan internasional, cukup membuktikan kinerja cemerlang yang ditunjukkan oleh kepemimpinan Wali Kota Jambi Dr H Syarif Fasha, ME, dalam mewujudkan Kota Jambi Terkini sebagai wilayah urban yang maju, modern dengan segudang prestasi membanggakan.

Dalam kurun beberapa waktu terakhir, berbagai penghargaan dan prestasi beruntun menghampiri Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi.

Paling anyar, hanya dalam 1 bulan, Kota Jambi berhasil meraih 2 penghargaan nasional sekaligus, yakni penghargaan kota layak anak (KLA) dengan predikat Nindya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, Bintang Puspayoga dan Penghargaan Tertinggi Bidang Kepegawaian Tingkat Nasional - BKN Award 2022 untuk tipe Kota Besar dengan kategori Penerapan Pemanfaatan Data, Sistem Informasi, dan CAT.

Wali Kota Jambi Dr H Syarif Fasha
Wali Kota Jambi Dr H Syarif Fasha (istimewa)

Penghargaan kota layak anak (KLA) yang diserahkan pada  momentum Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan jajaran Pemerintah Kota Jambi.

Karena Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi kembali sukses menjaga momentum meraih predikat KLA untuk kesekian kalinya.

Teristimewa pada tahun ini, Kota Jambi mampu menaikkan status predikat KLA menjadi kategori Nindya, setelah sebelumnya Kota Jambi meraih predikat Pratama pada tahun 2018, dan predikat Madya dari 2019 hingga 2021.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga itu diterima Wakil Wali Kota Jambi Dr dr H Maulana MKM, bertempat di Novotel Golf Resort Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (22/7/2022). 

Tahun 2022 ini  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) kembali menganugerahi Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) kepada 320 kabupaten/kota, yang terdiri dari 8 kabupaten/kota meraih predikat Utama, 66 predikat Nindya, 117 predikat Madya, serta 121 dengan predikat Pratama.

Apresiasi juga diberikan kepada 8 provinsi yang telah melakukan upaya keras untuk mewujudkan Provinsi Layak Anak (PROVILA).

Baca juga: Idul Adha 2022, Syarif Fasha: Bentuk Manifestasi Kepatuhan yang Absolut Kepada Allah

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, berharap penghargaan ini menjadi motivasi dan penyemangat daerah untuk lebih melindungi kelompok anak di daerah masing-masing.
 
“Dengan capaian yang menggembirakan ini, apresiasi yang setinggi-tingginya serta selamat kami ucapkan kepada daerah yang menerima penghargaan di tahun 2022 ini atas segala upaya dan kerjasama yang telah diberikan. Semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing. Besar pula harapan saya bahwa daerah yang telah mendapatkan prestasi baik ini dapat menjadi inspirasi dan dapat membagikan praktik-praktik baiknya bagi daerah lain, sehingga kita dapat maju bersama sebagai satu Indonesia,” ujar Menteri PPPA dalam sambutannya pada Malam Penghargaan KLA 2022.
 
Sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing serta Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030 dan Indonesia Emas 2045, Pemerintah Indonesia melalui KemenPPPA mengimplementasikan kebijakan pembangunan KLA untuk memastikan terpenuhinya hak-hak anak untuk hidup, tumbuh dan berkembang, mendapatkan perlindungan dari kekerasan, diskriminasi, serta perlakuan salah lainnya, serta berpartisipasi aktif menyuarakan aspirasi dalam setiap keputusan yang menyangkut dirinya.

Pemenuhan hak-hak tersebut sifatnya sangat kompleks dan multisektoral, sehingga komitmen lintas sektor menjadi hal yang sangat esensial.
 
Usai menerima penghargaan, Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengapresiasi upaya semua pihak yang bekerjasama wujudkan Kota Jambi Layak Anka dan sukses meng"upgrade"nya menjadi kategori Nindya, naik satu tingkat dari kategori sebelumnya Madya.

Ucapan selamat Kota Jambi berhasil meraih 2 penghargaan nasional sekaligus.
Ucapan selamat Kota Jambi berhasil meraih 2 penghargaan nasional sekaligus. (istimewa)

"Penghargaan ini kami serahkan dan dedikasikan kepada seluruh masyarakat Kota Jambi dan seluruh pihak, baik itu OPD terkait, instansi vertikal dan seluruh masyarakat, termasuk juga Forum Anak Angso Duo Kota Jambi, sehingga kita berhasil naik peringkat meraih Kota Layak Anak Kategori Nindya Tahun 2022. Mudah-mudahan kita terus mewujudkan Kota Jambi yang memberikan hak-hak dasar bagi anak dan perlindungan bagi anak di Kota Jambi. Kita terus berjuang untuk Kota Layak Anak kategori Utama pada periode yang akan datang," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved