Khazanah Islam

An Nadhr ibnul Harits  dan Asbabun Nuzul Sebab Turunnya Surat Luqman Ayat 6

Saat Allah menurunkan Surat Luqman ayat 6 itu berkaitan dengan An Nadhr ibnul Harits. Perilakunya menjadi asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat

Penulis: Deddy Rachmawan | Editor: Deddy Rachmawan
ISTIMEWA
Ilustrasi orang berdoa. Salah satu surat di Al Qur'an yaitu Surat Luqman turun terkait perilaku tokoh Quraisy An Nadhr ibnul Harits yang menentang Rasulullah 

Saat Allah menurunkan Surat Luqman ayat 6 itu berkaitan dengan An Nadhr ibnul Harits. Perilakunya menjadi asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat

TRIBUNJAMBI.COM  –  Namanya An Nadhr ibnul Harits. Dia adalah tokoh kaum Quraisy di masanya. Sejumlah ayat Al Qur’an diturunkan terkait dengan ulah An Nadhr ibnul Harits.

An Nadhr ibnul Harits memang dikenal sebagai orang yang keras menantang Rasulullah saw. Dia terkenal sebagai orang penentang dakwah Nabi Muhammad.

Saat Allah menurunkan Surat Luqman ayat 6 itu berkaitan dengan An Nadhr ibnul Harits. Perilakunya menjadi asbabun nuzul atau sebab turunnya ayat. Ia  orang yang disindir Allah dan menjadi asbabun nuzul ayat 6 Surat Luqman.

Berikut arti dari Surat Luqman Ayat 6.

“Dan di antara manusia (ada) yang mempergunakan perkataan tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olok. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan.” (QS Luqman:6)

Asbabun nuzul Ayat 6 Surat Luqman

Imam As Suyuthi dalam kitab Asbabun Nuzul menceritakan bahwa Ibnu Abbas berkata mengenai ayat 6 Surat Luqman tersebut. “Ayat itu turun berkenaan dengan lelaku Quraisy yang membeli seorang budak perempuan yang menjadi penyanyi.”

Baca juga: Asbabun Nuzul Surat Al Fatihan dan Fakta-fakta  Surat Al Fatihah

Masih berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas, bahwa laki-laki tersebut adalah An Nadhr ibnul Harits. Ia menghalang-halangi  orang yang ingin memeluk Islam.

“Tidak ada seorang pun yang ingin masuk Islam kecuali ia (An Nadhr ibnul Harits) akan menemuinya dengan membawa penyanyinya tersebut. Kemudian An Nadhr ibnul Harits akan berkata kepada penyanyinya itu, “ berilah ia makan, berilah minuman dan nyanyikanlah untuknya. Ini lebih baik dari pada ajakan Muhammad kepada untuk salat, puasa serta berperang di barisannya.”

Maka kemudian turunnlah ayat dari Surat Luqman tersebut. Surat Luqman yang memiliki 40 ayat tergolong dalam surat Makkiyyah.

Baca juga: Asbabun Nuzul Sebab Turunnya Surat Yasin, Allah Perlihatkan Kekuasaannya Terhadap Kafir Quraisy

An Nadhr ibnul Harits adalah tokoh Quraisy yang terpandang dan sombong. Ia paling keras menentang Islam .

Untuk diketahui asbabun nuzul sebab turunnya Surat Al Ma’arij,  juga berkaitan denan sosok An Nadhr ibnul Harits.

 “Seorang peminta telah meminta kedatangan azab yang bakal terjadi. Untuk orang-orang kafir, yang tidak seorang pun dapat menolaknya.” (QS Al Ma’arij:1-2)

Imam As Suyuthi dalam kitabnya Asbabun Nuzul menceritakan bahwa  sebab turunnya ayat 1 dan 2 Al Ma’arij ini sebagaimana An Nasa’i dan Ibnu Hatim meriwayatkan dari Ibnu Abbas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved