Berita Sarolangun

Curah Hujan Masih Tinggi, Titik Hotspot Karhutla Bulan Juli Semakin Berkurang

Curah hujan masih intens terjadi beberapa pekan terakhir, BPBD Sarolangun sebut saat ini masih dalam status siaga karhutla. Jumat (14/7/2022) 

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
ist
Curah Hujan Masih Tinggi, Titik Hotspot Karhutla Bulan Juli Semakin Berkurang 

Laporan wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Curah hujan masih intens terjadi beberapa pekan terakhir, BPBD Sarolangun sebut saat ini masih dalam status siaga karhutla. Jumat (14/7/2022) 

Kemarau basah yang saat ini masih terjadi, tidak ayal meski masih dalam kondisi kemarau namun curah hujan masih terbilang tinggi dan intens terjadi. 

Kondisi tersebut, juga berdampak baik pada kasus karhutla yang terjadi di Kabupaten Sarolangun. Meski pada beberapa bulan lalu kasus karhutla dan titik hotspot masih terpantau. 

"Alhamdulillah memasuki bulan Juli ini, belum ada terpantau titik api hanya beberapa hotspot saja yang diketahui bukan dari kebakaran lahan, " ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Sarolangun Yen Aswadi. 

Hingga memasuki pertengahan Juli, berdasarkan hasil laporan dan monitoring di lapangan untuk titik hotspot hanya terpantau ada Empat titik saja. 

"Pada bulan juli ini ada sekitar 6 titik hotspot terpantau, kebanyakan terjadi di Kecamatan Bathin Delapan, " ujarnya. 

Dari hasil pengecekan di lapangan, tidak semua titik hotspot itu disebabkan oleh api pembakaran lahan atau lainya. Ada karena cerobong asap pabrik, ada juga seng, dan juga waduk yang memantulkan cahaya panas. 

Lanjutnya, saat ini masih merupakan musim kemarau dan status karhutla sendiri saat ini masih siaga karhutla. Belum ada perubahan status, mengingat cuaca juga masih terbilang bersahabat. 

"Berdasarkan perkiraan BMKG, diprediksi kemarau ini akan berakhir pada bulan Oktober mendatang. Namun itu tidak bisa dipastikan, bisa saja berubah lebih cepat atau lebih panjang, " pungkasnya. (usn) 

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved