Delegasi Unja ke Goettingen Jerman, Retret Kerja Sama Riset CRC 990/EFForTS Project

Kegiatan ke Jerman ini dilakukan dalam rangka menghadiri retret kerja sama penelitian CRC 990/EFForTS Project 2022.

Editor: Rahimin
istimewa
Delegasi retret kerja sama riset CRC 990/EFForTS Project ini dipimpin Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Jambi Dr Ir Yusrizal M.Sc ke Goettingen Jerman. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Universitas Jambi mengirimkan 11 orang delegasi peneliti ke Jerman untuk retret kerja sama riset CRC 990/EFForTS Project.

Delegasi retret kerja sama riset CRC 990/EFForTS Project ini dipimpin Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Jambi Dr Ir Yusrizal M.Sc ke Goettingen Jerman.

Kegiatan ke Jerman ini dilakukan dalam rangka menghadiri retret kerja sama penelitian CRC 990/EFForTS Project 2022.

Retret adalah satu rangkaian kegiatan evaluasi capaian kinerja kerjasama penelitian CRC 990/EFForTS Project, dan sudah masuk tahun ke 10 dari rencana 12 tahun kegiatan penelitian di Jambi.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama empat hari terhitung dari 2 Juli sampai 5 Juli 2022.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Jambi Dr Ir Yusrizal M.Sc pimpindelegasi retret kerja sama riset CRC 990/EFForTS Project
Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Jambi Dr Ir Yusrizal M.Sc pimpindelegasi retret kerja sama riset CRC 990/EFForTS Project (istimewa)

Kerja sama CRC 990/EFForTS Project merupakan kerja sama penelitian jangka panjang antara Unja, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Tadulako dan University of Goettingen Jerman.

Kegiatan dimulai saat hari pertama kunjungan para delegasi ke pameran yang memadukan seni dan ilmu (Sains) dengan tajuk Saujana Membumi-menjelajahi keberlanjutan di Forum Wissen, University of Goettingen Jerman, pamerannya berisi tentang berbagai hasil penelitian CRC 990/EFForTS Project yang divisualisasikan dalam karya seni sehingga lebih menarik dan mudah dipahami oleh kalayak ramai.

Selanjutnya, hari kedua, kegiatan dilanjutkan ke pemaparan hasil-hasil penelitian CRC 990/EFForTS Project dari 3 kelompok penelitian A (aspek fungsi lingkungan) B (aspekbiodiversitas) dan C (aspekdimensimanusia).

Hari ketiga kegiatannya di lanjutkan ke isi pembahasan rencana topik dan publikasi intergrasi dari ketiga kelompok penelitian A, B dan C tersebut.

Hari keempat pembahasan difokuskan pada rencana tindak dari masing-masing kelompok penelitian A, B dan C baik dari sisi rencana penelitian maupun publikasinya.

Dalam hal ini juga dibahas rencana tindak lanjut dari kerjasama penelitian CRC 990/EFForTS Project yang akan berakhir di 2023.

Dr Ir Yusrizal M.Sc menyampaikan keseriusannya terhadap retret kerja sama penelitian CRC 990/EFForTS Project ini.

Baca juga: Mahasiswa Unja Raih 4 Penghargaan Pada Lomba Inovasi Produk Daerah di Provinsi Jambi

“Keempat perguruan tinggi terkait sepakat untuk mendesain dan menyusun rencana penelitian baru berupa penelitian transisi yang berisi kegiatan penelitian kecil yang dilanjutkan dengan penyusunan rencana penelitian jangka panjang sebagai tindak lanjut pasca selesainya CRC 990/EFForTS Project. Selain itu nantinya para pihak juga sepakat untuk menyusun detail rencana serah terima aset berupa alat dan infrastruktur penelitian dan sumberdaya manusia CRC 990/EFForTS Project kepada Unja," kata Yusrizal.

Terakhir, dalam kerangka perluasan kerja sama, Unja juga akan menugaskan Ketua Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi, Dr Forst. Bambang Irawan untuk melakukan kunjungan keberbagai perguruan tinggi secara khusus di Jerman dan Belanda.

Klik http://www.unja.ac.id untuk melihat berita universitas jambi lainnya

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Prodi Teknik Sipil FST Unja Luncurkan Inovasi Baru Program MBKM Studi/Proyek Independen

Baca juga: Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB Unja Meraih Akreditasi Internasional dari HEEACT

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved