Berita Sarolangun

Pembangunan Rel Kereta Hingga Bandara Masuk Dalam Isu Strategis Sarolangun

Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sarolangun tahun 2022-2024

ist
Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sarolangun tahun 2022-2024. Selasa (12/07/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sarolangun tahun 2022-2024. Selasa (12/07/2022).

PJ Bupati Sarolangun Henrizal dalam sambutannya, mengatakan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib menyusun dan menyediakan RTRW yang telah ditetapkan dalam bentuk digital dan sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

RTRW dilakukan revisi setiap lima tahun sekali, bahwa ada RTRW Nasional, RTRW Provinsi mengacu kepada RTRW Nasional, dan turunannya RTRW Kabupaten yang hari ini kita laksanakan konsultasi publik.

"Secara umum revisi RTRW difokuskan pada penyelarasan dengan RPJMD serta mengakomodasi dinamika kebutuhan pembangunan Kabupaten Sarolangun serta kebutuhan ruang dalam kurun waktu hingga 20 tahun kedepan," katanya.

Lanjutnya, penyusunan RTRW ini sangat penting karena merupakan salah satu acuan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan wilayah.

RTRW juga menjadi dasar perumusan kebijakan pokok pemanfaatan ruang dan berperan sebagai solusi konflik pemanfaatan ruang yang harus mampu mensinergikan berbagai kepentingan dalam ruang yang bersifat terbatas.

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan masukan terhadap pelaksanaan dan penyusunan RTRW Kabupaten Sarolangun," katanya.

"Secara umum revisi RTRW ini disusun kebutuhan daerah, isu-isu strategis daerah, berdasarkan informasi geospasial. Kita tahu bahwa RTRW itu ada azasnya yakni azas keterpaduan," jelasnya.

Ada beberapa isu isu strategis yang dibahas dalam rapat RTRW tersebut, diantaranya terkait transportasi jalur kreta api, pelabuhan dan bandara. Termasuk pertanian dan pertambangan.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Tonton Video Polisi Asal Jambi Tewas Ditembak di Jakarta, Kondisinya Tragis

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved