Pemilihan Presiden 2024

HASIL SURVEI: Publik Pilih Duet Ganjar-RK di Pilpres 2024

Hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra

Editor: Fifi Suryani
KOMPAS/KOLASE TRIBUN JAMBI
Kiri ke Kanan: Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil. Mereka bertiga menjadi tokoh yang mendapatkan dukungan tertinggi dari anak muda untuk menjadi presiden 2024 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI) menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan konsisten menempati posisi tiga besar.

Tentu, hal ini terkait sebagai calon presiden (Capres) potensial dengan elektabilitas tertinggi di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyatakan, lembaganya mencoba melakukan simulasi dengan memasangkan ketiga nama tersebut dengan tokoh yang dianggap berpotensi menjadi calon wakil presiden (cawapres).

"Dari sisi skenario elektabilitas pasangan, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto memperoleh dukungan yang beragam, bergantung dari pasangan masing-masing dan lawan yang dihadapi," kata Adi dalam rilis surveinya secara virtual, Selasa (12/7).

Dalam simulasi yang dilakukan Parameter, Ganjar memperoleh dukungan paling tinggi jika berpasangan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 37,2 persen, disusul Ganjar dengan Menparekraf Sandiaga Uno 31,6 persen dan Ganjar dengan Menteri BUMN Erick Thohir 30,2 persen.

"Ganjar Pranowo memperoleh dukungan paling tinggi jika berpasangan dengan Ridwan Kamil," ucap Adi.

Sementara, Anies Baswedan paling tinggi jika berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 30,5 persen disusul Anies dan Menteri BUMN Erick Thohir 25,3 persen dan Anies dengan Ketua DPR Puan Maharani 22,2 persen.

Adi mengatakan, pasangan non koalisi pemerintah, misalnya Anies Baswedan dan AHY ternyata cukup kompetitif.

"Kalau dalam simulasi tiga nama ya relatif ya agak sedikit kuat gitu ya. Mereka mendapatkan angka kurang lebih 30,5 persen. Itu menurut saya cukup kompetitif," ujarnya

Sedangkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto paling tinggi jika berpasangan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan 27,1 persen, disusul Prabowo-Puan Maharani 24,1 persen.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved