Pemilihan Presiden 2024

Presidential Threshold Diturunkan PKS Diprediksi Tetap Koalisi Untuk Usung Calon Presiden

PKS mengajukan permohonan uji materi, karena ambang batas pencalonan presiden idealnya 7 hingga 9 persen perolehan kursi DPR

Editor: Rahimin
ANTARAFOTO/M Agung Rajasa
Presiden PKS Ahmad Syaikhu. PKS diprediksi tidak akan mengajukan calon presiden dari internal meski Presidential Threshold diturunkan. 

TRIBUNJAMBI.COM - PKS (Partai Keadilan Sejahtera) berharap Presidential Threshold untuk mengusung calon presiden di Pemilihan Presiden 2024 diturunkan.

PKS saat ini mengajukan uji materi Pasal 222 UU Pemilu mengenai Presidential Threshold.

Namun, walaupun uji materi mengenai Presidential Threshold itu disetujui, PKS diprediksi tidak akan mengusung calon presiden dari internal sendiri.

Untuk diketahui, PKS, mengajukan permohonan uji materi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

PKS mengajukan uji materi Pasal 222 UU Pemilu mengenai ambang batas pencalonan presiden atau Presidential Threshold.

Presidential Threshold mensyaratkan 20 persen kursi DPR atau 25 persen total perolehan suara nasional untuk bisa mengusung calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilihan Presiden.

Alasan PKS mengajukan permohonan uji materi, karena ambang batas pencalonan presiden idealnya 7 hingga 9 persen perolehan kursi DPR.

“Tidak mesti kalau Presidential Threshold jadi turun dengan sendirinya mendorong partai politik mengajukan pimpinannya sebagai calon presiden, termasuk PKS,” kata Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Firman Noor kepada Kompas.com, Minggu (10/7/2022).

Dijelaskannya, dua tokoh yang disebut sebagai calon presiden dari PKS yakni Ahmad Syaikhu dan Salim Segaf Al Jufri.

Keduanya, kata Firmasn, belum memiliki elektabilitas yang mumpuni untuk bertarung di Pemilihan Presiden .

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved