Khazanah Islam

Keutamaan Hari Arafah, Perbanyak Doa di Hari Arafah

Adapun saat hari Arafah ketika jemaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah jamaah haji dianjurkan untuk memperbanyak bacaan talbiyah.

Editor: Deddy Rachmawan
(Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019).
Suasana di puncak Jabal Rahmah, Sabtu (10/8/2019) dini hari Waktu Arab Saudi. Hari ini (8/7/2022) merupakan hari Arafah bagi jemaah haji 

TRIBUNJAMBI.COM – Hari Arafah adalah tanggal 9 Dzulhijjah itu ketika jemaah haji melakukan wukuf di Arafah.

Banyak riwayat mengabarkan mengenai keutamaan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah tak terkecuali saat hari Arafah.

Mengutip situs hati bening yang diasuh oleh ustaz asal Malang, Ustaz Abdullah Saleh Hadrami bahwa banyak ulama berpendapat bahwa hari Arafah adalah hari pengampunan dosa dan pembebasan dari api neraka serta doa mustajab bagi jemaah haji yang sedang wukuf di Arafah dan bagi semua umat Islam.

Masih menurut situs ini bahwa waktu paling istimewa pada hari Arafah jika di-qias-kan atau dianalogkan dengan orang yang sedang wukuf di Arafah, adalah semenjak waktu zuhur sampai maghrib, yaitu sekitar enam jam.

Dalam Al Qur’an, Allah berfirman dalam Surat Al Mukmin ayat 60 yang artinya  "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu".

Lalu, Rasulullah Saw juga bersabda bahwa "Doa terbaik adalah doa pada hari Arafah".

Kita umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji juga disunahkan untuk berpuasa pada hari Arafah.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Rasulullah bersabda “Berpuasa pada hari Arafah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya.”

Kita dianjurkan untuk memperbanyak zikir, berdoa, memohn ampun pada hari Arafah tersebut.

Baca juga: Kemenag Sebut Kondisi Jemaah Haji Tanjung Jabung Timur Dikabarkan Sehat Semua

Adapun saat hari Arafah ketika jemaah haji melakukan wukuf di Padang Arafah jamaah haji dianjurkan untuk memperbanyak bacaan talbiyah.

Selain itu mengutip situs NU bahwa Imam An Nawawi menganjurkan doa ini sebagai bacaan bagi jemaah haji yang hendak menuju wukuf di Arafah.

Meski tidak ada riwayat atas doa ini menurut situs ini redaksi doa ini baik untuk dibaca jemaah haji yang bergerak menuju Arafah untuk.

Doa tersebut memiliki arti, “Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku menghadap, hanya ke wajah-Mu aku menatap, jadikanlah dosaku terampuni dan hajiku termabrurkan. Berikanlah rahmat-Mu padaku. Jangan Engkau menyia-nyiakanku. Sungguh, Engkau maha kuasa atas segala sesuatu,”

Baca juga: Pemberangkatan JCH Provinsi Jambi ke Arafah Dibagi Jadi 2 Maktab

Oleh karena hari Arafah memiliki keutamaan, maka sudah sepatutnya umat Islam memanfaatkan hari Arafah dengan ibadah seperti puasa, zikir, istighafar dan berdoa.

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved