Berita Sarolangun

Wabah PMK Mulai Serang Kerbau di Sarolangun, Dinas Peternakan Catat 107 Kasus

Data Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskannak) Kabupaten Sarolangun, pada awal Juli 2022 kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di sarolangun tembus 107

TRIBUNJAMBI.COM/ABDULLAH USMAN
Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Sarolangun, Asnawi 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Data Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskannak) Kabupaten Sarolangun, pada awal Juli 2022 kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di sarolangun tembus 107 kasus.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Sarolangun, Asnawi mengatakan, saat ini jumlah sapi yang sembuh dari PMK sebanyak 57 ekor sapi, untuk sapi yang masih dalam proses perawatan sebanyak 50 ekor sapi.

Lanjutnya, selain sapi, PMK ini mulai merambat ke kerbau. Pihaknya terus mengantisipasi hal tersebut dengan pengecekan rutin oleh dokter hewan.

"Kemarin kita dapat kabar terbaru PMK mulai bergulir ke kerbau, itu ada kasusnya di Desa Lubuk Sepuh. Namun, kita belum mendapat jumlah yang terjangkit berapa ekor," katanya, Kamis (7/7/2022).

Menurutnya, dengan terus melakukan vaksinasi diharapkan dapat mengurangi penyebaran PMK. Namun, ia mengakui saat ini ketersediaan vaksin masih terbatas.

"Sekarang ini vaksin kita masih kurang, jadi untuk sapi yang belum terjangkit kita vaksin agar supaya kekebalan tubuhnya kuat," ujarnya

"Untuk vaksinasi sudah 200 vaksin yang disuntikan ke sapi, untuk mencegah penyebaran PMK tersebut," tambahnya

Ia menambahkan, sejauh ini belum ada sapi yang terjangkit mati diakibatkan PMK. Pihaknya terus melakukan pemantauan di lapangan untuk progres kesehatan sapi tersebut.

"Tim kita terus memantau keadaan sapi yang terjangkit, kita ada 7 orang dokter hewan yang di lapangan untuk mengecek kondisi kesehatan sapi," pungkasnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Tonton Video Pelaku Pernikahan Sesama Jenis di Jambi Gaet Korbannya Via Aplikasi Ini

Baca juga: Ini yang Disampaikan Chika saat Hadir Sebagai Saksi dalam Kasus Putra Siregar

Baca juga: Presiden Joko Widodo: Ciptakan Kemandirian Pangan untuk Penuhi Kebutuhan Asupan Gizi

Baca juga: Moment Saat Medina Zein Dibawa ke Kejari untuk Ditahan

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved