Dinas PMD Tanjabtim Gelar Sosialisasi Pilkades Serentak 2022

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar sosialisasi Pilkades serentak 2022, di aula utama Kantor Bupati Tanjabtim.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanjabtim, Mariontoni. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar sosialisasi Pilkades serentak 2022, di aula utama Kantor Bupati Tanjabtim.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanjabtim, Mariontoni mengatakan, bahwa sosialisasi yang digelar ini diharapkan seluruh stakeholder dapat memahami aturan, baik itu dari semua tahapan, proses pemilihan kades sampai dengan rencana pelantikan kades terpilih nantinya.

"Di sosialisasi ini dijelaskan siapa saja yang terlibat, siapa yang boleh mencalonkan diri dan yang boleh menggunakan hak pilih. Jika semua memahami tentunya pelaksanaan dapat berjalan aman,lancar dan kondusif," katanya, Rabu (29/6/2022).

Berbeda, Sekda Tanjabtim, Sapril mengatakan, selaku pemerintah pihaknya berharap dalam pelaksanaan Pilkades serentak nantinya dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Selain itu, dalam penyelenggaraan nantinya juga sesuai dengan aturan dan ketentuan undang-undang yang berlaku.

"Sehingga kades yang terpilih adalah yang terbaik. Karena Pilkades tahun ini merupakan tahap Dua, dimana pada 2019 lalu kita telah melaksanakan untuk tahap pertama," ucapnya.

Baca juga: Polisi Catat Ada 58 TPS Rawan Pada Pilkades di Tanjabtim 2022, Terapkan Dua Pola Pengamanan

Sekda berharap dengan adanya sosialisasi ini seluruh penyelenggara dapat memahami dan mengetahui proses Pilkades serentak nantinya. Karena sukses tidaknya penyelenggaraan Pilkades nantinya tergantung dari penyelenggaranya. 

"Ada lanjutan kegiatan ini di tingkat desa. Tujuannya agar seluruh penyelenggara Pilkades di desa benar-benar memahami aturan. Makanya kita tekan kan yang hadir hari ini benar-benar mengikuti," harapnya.

Selain itu, dalam proses penyelenggaraan nantinya diharapkan tidak ada hal-hal yang menggangu proses Pilkades. Karena jika terjadi maka akan memperpanjang proses Pilkades itu sendiri.

"Kita ingin pelaksanaan nantinya semuanya kondusif. Tidak ada sengketa, baik dari awal tahapan hingga proses pelantikan," tutupnya.

Baca juga: Pengamanan Pilkades, Polres Tanjabtim Bakal Kerahkan 240 Personil Dibantu Polda Jambi

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved