Khazanah Islam

Asbabun  Nuzul Sebab Turunnya Surat Al Jinn, Saat Kawanan Jin Terkesima  Lantunan Al Qur’an

saat itu ada kawanan jin mendengar Rasulullah membacakan Al Qur’an. Peristiwa itu kemudian menjadi sebab turunnya atau asbabun nuzul Surat Al Jinn

Penulis: Deddy Rachmawan | Editor: Deddy Rachmawan
TRIBUN JAMBI/DEDY NURDIN
Seorang polisi sedang membaca Al Qur'an. Salah satu surat di Al Qur'an adalah Surat Al Jinn yang dijelaskan oleh ulama asbabun nuzul surat tersebut terkait jin yang mendengar bacaan Al Qur'an Rasulullah 

TRIBUNJAMBI.COM – Suatu ketika Rasulullah SAW membaca ayat-ayat Al Qur’an. Siapa menyangka saat itu ada kawanan jin mendengar Rasulullah membacakan Al Qur’an tersebut. Peristiwa itu kemudian menjadi sebab turunnya atau asbabun nuzul Surat Al Jinn.

Begitulah riwayat menjelaskan, bahwa asbabun nuzul sebab turunnya surat ini juga terkait dengan keberadaan jin.

“Katakanlah (hai Muhammad), “Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya sekumpulan jin telah mendengarkan (Al-Qur’an), lalu mereka berkata, “sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-Qur’an yang menakjubkan.” (QS Al Jinn:1). Demikian arti ayat 1 dari Surat Al Jinn.

Asbabun nuzul atau yang menjadi sebab turunnya ayat ini adalah ketika itu Nabi Muhammad sedang  salat subuh bersama para sahabat. Di saat itu ada segerombolan jin dan mereka mendengarkan bacaan Al Qur’an dari Rasulullah SAW.

Baca juga: Mengetahui Sebab Turunnya Ayat Asbabun Nuzul Surat Al Muddassir

Baca juga: Kemarahan Sahabat Nabi kepada Kerabatnya Ini Jadi Sebab Turunnya Ayat 74 Surah At Taubah

Imam As Suyuthi dalam kitabnya Asbabun Nuzul mengatakan, kemudian para jin itu berkata, “Demi Allah inilah yang menjadi penghalang antara kalian dengan kabar dari langit.”

Oleh karena itu para jin tersebut kembali kepada kaumnya dan menyampaikan apa yang baru mereka alami. “sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-Qur’an yang menakjubkan.” Demikian mereka menyampaikan kepada jin yang lain.

Maka Allah kemudian menurunkan wahyu ini kepada Nabi Muhammad. Inilah yang menjadi asbabun nuzul Surat Al Jinn ayat 1. Surat Al Jinn terdiri dari 28 ayat dan merupakan surat Makiyyah.

Peristiwa ini juga diceritakan di dalam Surat Al Ahqaf  ayat 29-32.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan bahwa dengan surat ini, Allah SWT memerintahkan kepada Rasul-Nya  untuk menceritakan kepada kaumnya bahwa ada jin yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an lalu mereka beriman dan taat.

Bila kita simak ayat berikutnya di Surat Al Jinn ini, maka kita akan mengetahui bahwa kemudian para jin tersebut akhirnya beriman.

Para ulama mengatakan, bahwa dulu sebelum Nabi Muhammad SAW diutus, bangsa jin biasa mencuri dengar berita atau kabar dari langit.

Tatkala Allah SWT mengutus  Nabi Muhammad SAW, mereka yang mencuri berita dari langit itu  dilempar  dengan api.

Baca juga: Asbabun Nuzul Sebab Turunnya Surat Yasin, Allah Perlihatkan Kekuasaannya Terhadap Kafir Quraisy

Para pemuka jin akhirnya memerintahkan para jin untuk mencari tahu ke bumi ke bagian timur dan barat apa yang menjadi sebab mereka terhalang mencuri kabar berita langit karena lemparan api.

Jin yang mencari kabar inilah yang kemudian mendapati Rasulullah dan para sahabat sedang salat Subuh. Mereka mendengar bacaan Al-Qur’an dan dibuat takjub olehnya.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved