Breaking News:

Prodi PIAUD FTK UIN STS Jambi Sukses Pratikum Pendalaman Materi di Universitas Negeri Padang

Praktikum mahasiswa PIAUD UIN STS Jambi yang dilaksanakan di Universitas Negeri Padang (UNP) berjalan sukses.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Teguh Suprayitno
Istimewa
Praktikum mahasiswa PIAUD UIN STS Jambi yang dilaksanakan di Universitas Negeri Padang (UNP) berjalan sukses. 

 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI -  Praktikum mahasiswa PIAUD UIN STS Jambi yang dilaksanakan di Universitas Negeri Padang (UNP) berjalan sukses.

Kegiatan praktikum ini rutin diselenggarkaan UIN STS Jambi tiap tahun di beberapa kampus di Indonesia.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars FIP UNP, mars PGPAUD UNP bahkan mars PIAUD UIN STS Jambi juga turut menggema di aula Fakultas Ilmu Pendidikan UNP tempat dimana diselenggarakannya kegiatan.

Beberapa nara sumber turut pula memaparkan beberapa materi serta berbagi pengalaman dalam mengelola pelaksanaan praktikum serta kegiatan yang akan dan telah dilakukan baik itu Prodi PIAUD UIN STS Jambi ataupun di Dapertemen PGPAUD UNP.

Ridwan, S.Psi, M.Psi, Psikolog mendapat kesempatan pertama menceritakan pengalamannya, dimana sejak  2015 saat pertama jurusan PGRA didirikan serta berganti nama menjadi PRODI PIAUD di 2017 hingga sekarang perkembangan prodi Piaud sangat pesat dimulai dengan beberapa kerja sama yang dibangun dengan beberapa media seperti Tribun Jambi, RRI Jambi hingga menjajaki kerjasama dengan BKKBN, DPPKB kota Jambi, TK hingga SLB Negeri yang ada di Jambi.

"Termasuk kita juga tampil dengan menyatukan berbagai kelompok sanggar yang ada di Provinsi Jambi difasilisasi oleh pihak Balai Pelestarian Cagar dan Budaya di Candi Muaro Jambi. Sedangkan untuk praktikum sendiri dibagi kegiatan didalam kampus seperti praktikum semester ganjil dan genap serta praktikum pendalaman materi yang dilaksanakan di luar kampus," Ujarnya Via Whatsapp, Senin malam (13/6/2022).

Baca juga: Prodi PIAUD UIN STS Jambi Lakukan PKM di TK ABA 4 Kota Jambi

Pada sesi pemateri kedua oleh Dr. Yaswinda, M.Pd mengungkapkan pengalaman menariknya dalam pratikum sains dan motorik iya mengatakan ada kegiatan pratikum yang dilakukan dalam kelas dan dipresentasi kan depan mahasiswi lain nya juga terkadang melakukan pratikum kelapangan.

Dosen PGPAUD UNP,  Vivi mengimplementasikan pembelajaran seni musik bagi mahasiswa dengan cara mengajak mahasiswa untuk dapat membaca tangga nada dengan baik. "ini merupakan modal dasar yang bermanfaat bagi mahasiswa," ujar Vivi.

Pada sesi pertanyaan, ada 3 orang penanya. diantaranya 2 orang mahasiswi piaud UIN STS Jambi dan 1 dosen PIAUD UIN STS Jambi. Pertanyaan pertama di ajukan oleh Dewi Suta Ningsih untuk pemateri ke 3,  Vivi. Beliau menanyakan bagaimana cara kita mengajar musik di suatu lembaga yang minim akan sarana dan prasarana, apakah ada jalan alternatif untuk hal demikian? Dan Apakah media TikTok dapat mengembangkan perkembangan kinestetik anak usia dini?

Pada pertanyaan kedua oleh Salsabila Ahlina yang juga merupakan mahasiswi prodi piaud uin sts Jambi yang menanyakan mengenai proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus di TK hingga sampai pada pertanyaan terakhir yang disampaikan oleh Indra Bangsawan, M.Pd selaku dosen PIAUD UIN Jambi yang meminta tanggapan "bagaimana dengan proses pembelajaran edupreneurship yang ada di UNP?" 

Baca juga: Prodi Piaud UIN STS Jambi Jalin Kerja Sama dengan TK ABA Kota Jambi

Para pemateri praktikum memberi penjelasan dengan sangat lugas atas pertanyaan-pertanyaan yang ada. Hingga kegiatan berakhir, peserta tampak antusias mengikuti serangkaian kegiatan. Senyum sumringah dari para peserta selalu menghiasi bibir mereka.( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved