Berita Kota Jambi

Bambang Alfino TKK Kesra Setda Kota Jambi Terpilih Dalam Seleksi Imam Masjid di Uni Emirat Arab

Ustadz Bambang Alfino Adi Utomo Al Hafizh, TKK Bagian Kesra Setda Kota Jambi terpilih dalam seleksi imam masjid untuk negara Uni Emirat Arab.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Bambang Alfino TKK Kesra Setda Kota Jambi Terpilih Dalam Seleksi Imam Masjid di Uni Emirat Arab 

TRIBUNJAMBI.COM - Ustadz Bambang Alfino Adi Utomo Al Hafizh, TKK Bagian Kesra Setda Kota Jambi terpilih dalam seleksi imam masjid untuk negara Uni Emirat Arab.

Ucapan selamat datang dari Wali Kota dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Jambi.

Bambang pun tidak menyangka terpilih dan berhasil lolos setelah melewati tahapan seleksi. Dia berkesempatan menceritakan pada Tribunjambi.com awal mengikuti program dari Kementerian Agama RI ini.

"Ini sudah angkatan kelima, awalnya iseng disuruh guru coba daftar, kita daftar mulai dari pendaftaran online, ternyata dari berkas itu sudah diseleksi, alhamdulillah lulus, habis itu ujian CAT alhamdulillah lulus juga, lalu ada ujian online via zoom yang mengetesnya ustadz-ustadz dari Jakarta pusat materinya hafalan 30 juz, bahasa arab, hukum-hukum fikih yang dasar dan alhamdulillah dinyatakan lulus," kenangnya.

Setelah dinyatakan lulus dia harus melewati tahapan seleksi akhir langsung di Jakarta Kamis lalu. Hafalan 30 juz, bahasa arab, hukum-hukum fikih dites kembali oleh syekh dari Uni Emirat Arab dan dirinya dinyatakan lulus.

"Jujur pada saat keluar ruangan dinyatakan lulus saya menangis, keluarga terdekat juga terkejut karena saya memang, tidak ada share keluar, jadi mereka terharu, tidak ada ambisi yang besar, pasrah saja," sebutnya.

Pria kelahiran Tinjowan, 15 April 1998 ini mengaku belum melakukan persiapan apa-apa untuk keberangkatannya karena tidak ada target untuk lolos seleksi.

"Memang nggak ada target untuk lulus, harus jadi imam nggak ada, ngalir aja, sampai terakhir waktu mau keluar ruangan dipanggil syekhnya jadi kita lulus atau enggaknya tau dikasih golden tiket sama syekhnya, kayak audisi Indonesian Idol jadi kita masuk sesudah dites segala macam Dikasih tiket kalau nggak dapat tiket berarti nggak lulus," ujarnya.

Jelang keberangkatan Bambang mempersiapkan mental, belajar bahasa arab agar lancar.

"Yang paling penting itu kesehatan karena untuk kesehatan cukup ketat di sana apalagi kita sebagai imam di sana, tidak ada penyakit HIV, Hepatitis, dan TBC itu yang digarisbawahi di sana," katanya.

Ada 33 peserta yang lolos dan nama-nama yang lolos dikirim ke Kanwil Kemenag tiap Provinsi, satu di antaranya nama Bambang Alfino Adi Utomo yang berhasil lolos.

Menurut pengalaman dari senior-senior yang pernah berangkat dirinya akan dikontrak selama satu tahun sesuai perjanjian MOU Indonesia dan Uni Emirat Arab.

"Setelah itu nanti baru tergantung kita sendiri sama pihak Kementerian Agama di sana kita mau berapa lama," ujarnya.

Belum dipastikan kapan dia akan berangkat ke Uni Emirat Arab. Diperkirakan Bambang akan berangkat pada bulan November atau Desember.

"Yang ngasih infonya nanti langsung dari pusat atau dari pihak Uni Emirat Arabnya, tapi biasanya kalau menurut senior kalo pengumumannya bulan ini, berangkatnya mungkin sekitar bulan November atau Desember tapi belum bisa dipastikan juga sih tergantung pihak Uni Emirat Arabnya," sebut Bambang.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Cerita AF Warga Batanghari Mengabdi Sejak 2011, Pasrah Jika Pemerintah Menghapus Tenaga Honorer

Baca juga: Jadi Janda 2 Kali, Olla Ramlan: Mungkin Aku Banyak Kekurangannya Sebagai Perempuan

Baca juga: Renungan Harian Kristen - Berjumpa dengan Sang Mesias

Sumber: Tribun Jambi
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved