Berita Merangin

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Mashuri Minta Bernegara Kembali ke Dasar

Berita Merangin-Hal itu disampaikan Bupati Merangin, Mashuri didampingi unsur Forkopimda usai mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Nani Rachmaini
Darwin Sijabat/tribunjambi
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Masyarakat diminta untuk kembali ke dasar bernegara dengan ideologi Pancasila.

Hal itu disampaikan Bupati Merangin, Mashuri didampingi unsur Forkopimda usai mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Kabupaten Merangin, Rabu (1/6/2022).

Upacara tersebut langsung dipimpin Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo selaku Inspektur yang berlangsung di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Mashuri menyebutkan Kabupaten Ende yang berada di pesisir selatan Pulau Flores tersebut merupakan saksi bisu pengasingan Ir Soekarno dan lahirnya Pancasila. 

"Kabupaten Ende menjadi saksi bisu cerita pengasingan bapak Soekarno dan menjadi tempat perenungan bagi Presiden pertama Indonesia tersebut," jelasnya.

Pada amanat Presiden, bupati menyebutkan semua pihak diminta untuk selalu menjalin sinergitas, menjalin persatuan dan kesatuan dan tetap berpegang teguh kepada dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.

"Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila kita diingatkan untuk meningkatkan sinergitas, menjalin dan menjaga kesatuan bangsa dan kembali ke dasar Negara kita yaitu Pancasila," ujarnya. 

Upacara tersebut dikuti peserta dari para murid Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Pramuka, barisan TNI, barisan Polri dan organisasi kemasyarakatan.

Sebelumnya Kepala Negara dan Ibu Negara Iriana Jokowi, berkesempatan melihat-lihat kondisi rumah pengasingan Bung Karno dan keluarga yang tidak terlalu jauh dari lokasi upacara.

Presiden dan ibu tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.00 WIB, Jokowi mengenakan baju adat khas daerah Ende yakni Ragi Lambu Luka Lesu dengan perpaduan warna merah dan hitam.

Sementara Ibu Negara mengenakan pakaian khas Ende berwarna ungu. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Simak berita-berita terbaru Tribunjambi.com melalui Google News 

TONTON misteri kematian bocah di Bungo oleh Bujang Tuo pecinta Janda

Baca juga: 12 Orang Pejabat Fungsional di Lingkup Pemkab Merangin Dilantik

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved