IPEBE Gelar Diklat Kurikulum Merdeka Pertama Bagi PTK PAUD di Kota Sungai Penuh & Kabupaten Kerinci

Kemendikbudristek melalui Indonesia Peduli & Berdaya (IPEBE) kembali menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi guru dan Kepsek. 

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Heru
Kemendikbudristek melalui Indonesia Peduli & Berdaya (IPEBE) kembali menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi guru dan Kepsek.  

 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Indonesia Peduli & Berdaya (IPEBE) kembali menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi guru dan Kepsek. 

Kali ini, diklat dengan tema Kurikulum Merdeka menyasar 80 Guru dan Kepala Sekolah yang tergabung dalam Program Organisasi Penggerak (POP) dari Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Pendiri IPEBE, Suparmanto Bugis mengungkapkan, bahwa pada tahun 2022 ini, IPEBE masih diberi kepercayaan oleh Kementerian Pendidikan untuk tetap lanjut memberikan pendampingan kepada guru-guru di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci

“Bahkan IPEBE termasuk organisasi yang memberikan dampak terbaik, sehingga pada tanggal 16 s/d 24 Juni 2022 nanti, Pihak kementerian akan berkunjung ke Kerinci-Sungai Penuh untuk melihat langsung dampak sekolah dampingan IPEBE,” ungkap Bugis sapaan akrabnya.

Diklat hari pertama pada Senin, 23 Mei 2022, diikuti sebanyak 34 peserta (24 guru, 8 kepala sekolah, dan 2 Pengawas TK) dari Kota Sungai Penuh, dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Sungai Penuh, Khaidirman. Khaidirman berterima kasih kepada IPEBE yang telah membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidik.

“Terima kepada IPEBE telah membantu kami dalam meningkatkan kualitas Guru & Kepala Sekolah TK yang ada di Kota Sungai Penuh,” ungkapnya.

Baca juga: Karamentang Berkibar di Koto Iman Kerinci

Diklat hari kedua pada Kamis, 26 Mei 2022 diikuti sebanyak 49 peserta (36 guru, 12 kepala sekolah, dan 1 Pengawas TK) dari Kabupaten Kerinci, dihadiri oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci yang diwakili oleh Kepala Bidang PAUD & PNF, Adlizar. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada IPEBE yang telah memilih Kerinci sebagai daerah sasaran untuk  memberikan pendampingan kepada PAUD yang ada di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci.

Di mana sebelumnya, Dinas Pendidikan tiap minggu mengirim peserta ke Jambi untuk mengikuti Diklat.

“Kita patut bersyukur, karena ada organisasi yang datang di tempat kami, sehingga kami tidak perlu lagi mengirim peserta ke Jambi untuk mengikuti Diklat. Saat menjabat sebagai Kasi Kurikulum SD, hampir setiap minggu harus mengirim peserta ke Jambi untuk mengikuti Diklat,” ungkap Adlizar.

Sementara itu, Femilya Putri selaku Direktur IPEBE juga sebagai Narasumber Internal IPEBE berharap pelatihan ini menjadi wadah bagi peserta untuk mempelajari tentang esensi profil pelajar pancasila dan mengetahui lebih dalam tentang formulasi administrasi kurikulum pembelajaran paradigma baru yang berpusat pada anak seperti praktik pembelajaran yang telah dipelajari pada diklat IPEBE tahun sebelumnya.

Baca juga: Sabu dari Pekanbaru Riau Dikirim Lewat Travel ke Kerinci

Baca berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved