Berita Sungai Penuh

Beberapa Wilayah Kota Sungai Penuh dan Kerinci Terjadi Hujan Es, Masyarakat Diimbau Waspada

Dilaporkan terjadi hujan lebat disertai petir dan hujan es di beberapa wilayah di Kota Sungai Penuh dan Kerinci, Kamis (26/5/2022) sore. Adanya perist

Penulis: Herupitra | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
istimewa
Hujan Es Berbentuk Kristen Guyur Jangkat Merangin Akibatkan Rumah Warga Rusak 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Dilaporkan terjadi hujan lebat disertai petir dan hujan es di beberapa wilayah di Kota Sungai Penuh dan Kerinci, Kamis (26/5/2022) sore. Adanya peristiwa alam tersebut juga dikonfirmasikan oleh pihak BMKG Depati Parbo Kerinci.

Kepala BMKG Depati Parbo Kerinci, Nia Kurnianingsih mengatakan, bahwa pihaknya ada mendapat laporan dari masyarakat. Bahwa di beberapa wilayah kota Sungai penuh terjadi hujan es.

"Ya, berdasarkan laporan masyarakat, telah terjadi kejadian hujan lebat disertai petir dan kejadian hujan es pada beberapa wilayah di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci. Di antaranya di Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Pesisir Bukit dan beberapa wilayah lainnya pada hari Kamis, 26 Mei 2022," kata Nia.

Nia menyebutkan, hujan mulai turun sekira pukul 15.30 wib. Terkait peristiwa tersebut BMKG menganalisa.

Katanya, berdasarkan analisis Streamline 26 Mei 2022 terdapat daerah pertemuan dan belokan angin di wilayah Provinsi Jambi yang memicu pertumbuhan awan Cumulonimbus di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.

Terdapat daerah pusat – pusat tekanan rendah di Perairan Samudera Hindia di sebelah barat daya Bengkulu yang dapat mempengaruhi peningkatan pembentukan awan konvektif di wilayah Provinsi Jambi.

Konvektifitas lokal yang cukup kuat juga memicu terjadinya pembentukan awan Cumulonimbus di Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci yang mengakibatkan terjadinya kejadian hujan lebat disertai petir dan kejadian hujan es yang mulai terjadi pada pukul 15.30 WIB.

"Kejadian hujan lebat disertai petir dan kejadian hujan es menyebabkan terjadinya genangan air dibeberapa wilayah serta menimbulkan kepanikan pada masyarakat," tuturnya.

Diungkapkannya lagi, saat ini Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh berada pada periode peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau (pancaroba).

Sehingga kejadian curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang serta fenomena cuaca ekstrem lainnya masih berpotensi terjadi di seluruh wilayah Kerinci dan Kota Sungai penuh pada bulan Mei 2022.

Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terutama pada kejadian hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, namun terus waspada dengan memonitor perkembangan informasi dan Peringatan Dini cuaca melalui berbagai kanal," pungkasnya.

Simaklah berita terbaru Tribunjambi.com melalui Google News

Baca juga: Silaturahmi Warga Sunda di Jambi, Silih Asih Silih Asah Silih Asuh

Baca juga: Real Madrid Dikabarkan Gelontorkan Dana Rp 1,8 Triliun Untuk Winger AC Milan Rafael Leao

Baca juga: Nia Ramadhani Akhirnya Mengungkap Sosok yang Menjaga Anak-anaknya Selama Dirinya Direhabilitasi

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved