Berita Merangin

Warga Merangin Diminta Waspada Banjir dan Longsor, Ini Daerah Rawannya

Warga Kabupaten Merangin diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap bencana alam baik banjir maupun longsor.

ist
Ilustrasi: Longsor di Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Warga Kabupaten Merangin diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap bencana alam baik banjir maupun longsor.

Kewaspadaan itu disampaikan Aswirta selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin, Rabu (25/5/2022).

Aswirta menyebutkan bahwa Kabupaten Merangin akan menghadapi fenomena La Nina, yang menyebabkan curah hujan tinggi sehingga memicu terjadinya banjir dan longsor.

Hujan dengan intensitas cukup tinggi akibat fenomenan La Nina tersebut masih kerap melanda beberapa wilayah di Kabupaten Merangjn.

Atas kondisi itu masyarakat diminta mewaspadai terjadinya banjir dan tanah longsor.

Aswirta mengatakan hal itu berdasarkan informasi yang diterima dari BMkG Sulthan Thaha Jambi terdapat beberapa wilayah kecamatan di kabupaten merangin berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

"Informasi dari BMKG Jambi bahwa beberapa daerah di Merangin masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, untuk itu perlu diwaspadai banjir dan longsor," ujarnya.

Beberapa kecamatan yang terancam terimbas luapan air seperti banjir tersebut yakni Kecamatan Tabir Induk, Tabir Barat, Tabir Uu, Tabir Timur dan Margo Tabir.

Selain itu, tingginya curah hujan juga membuat rawan terjadinya pergeseran tanah atau longsor. DIantaranya di kecamatan Jangkat Timur, Jangkat, Lembah Masurai, Muara Siau, Tiang Pumpung dan Pangkalan Jambu.

Aswirta mengimbau masyarakat supaya lebih waspada dan hati hati, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

Mengenai penanggulangan bencana, BPBD Merangjn telah menyiagakan sejumlah personel serta sarana prasarana kedaruratan bencana. Peralatan itu mulai dari perahu karet, mobil evakuasi, terpal, tenda pengungsian, hingga dapur umum untuk mengantisipasi musibah banjir di wilayahnya.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Al Haris Pertahankan Predikat WTP, Pemprov Jambi 10 Kali Raih Opini WTP

Baca juga: Lima Komisioner KIP Provinsi Jambi Dilantik, Al Haris Harapkan Bekerja Sesuai Aturan

Baca juga: Klinik Utama Emerald Clinic & Diagnostik Jambi Diresmikan, Sediakan Layanan Estetika

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved