Raja OTT Tahu Lokasi Harun Masiku Sembunyi, Ali Fikri Minta Laporkan ke KPK

Mantan penyelidik KPK Harun Al Rasyid menyebut dirinya tahu lokasi buronan eks calon anggota legislatif PDI Perjuangan Harun Masiku tersebut.

Editor: Rahimin
Ilustrasi KPU
Foto Terbaru Harun Masiku 

TRIBUNJAMBI.COM  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilakan pihak yang mengetahui keberadaan buronan Harun Masiku melapor ke lembaga antirasuah tersebut.

Hal itu dikatakan Plt Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri merespon pihak-pihak yang mengetahu lokasi persembunyian Harun Masiku.

Sebelumnya, Mantan penyelidik KPK Harun Al Rasyid menyebut dirinya tahu lokasi buronan eks calon anggota legislatif PDI Perjuangan Harun Masiku tersebut.

Semasa masih di KPK, Harun Al Rasyid dikenal sebagai Raja OTT.

"Tak hentinya kami terus mengajak masyarakat, siapapun, yang betul-betul mengetahui keberadaan HM [Harun Masiku] untuk bisa menyampaikan kepada KPK atau aparat penegak hukum lainnya," kata Ali Fikri lewat keterangan tertulis, Senin (23/5/2022).

"Agar Informasi tersebut bisa segera ditindaklanjuti secara konkret," sambungnya.

Baca juga: 4 DPO Termasuk Harun Masiku Masih Diburu KPK, Firli Bahuri: Sampai Kapan Pun Akan Dicari

Ali Fikri menyayangkan sikap Harun Al Rasyid yang koar-koar di ruang publik terkait keberadaan Harun Masiku.

Menurutnya, itu akan menghambat proses pelacakan. "Bukan justru menyampaikan di ruang publik yang dikawatirkan malah menghambat proses pelacakannya," ujarnya.

Ali Fikri bilang, KPK tetap berkomitmen menuntaskan setiap penanganan perkara di KPK, khususnya kasus dugaan suap pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Kami memastikan tak berhenti mencari keberadaan HM," ujarnya.

Dikatakan Ali Fikri, dalam mencari Harun Masiku,KPK sudah koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM sebagai institusi yang punya otoritas untuk bisa memantau pergerakan seseorang di lintas batas negara melalui jalur keimigrasian.

Harun Masiku hingga kini masih buronan.
Harun Masiku hingga kini masih buronan. (Istimewa)

KPK juga berkoordinasi dengan kepolisian RI sebagai aparat penegak hukum yang memiliki atribut dan fungsi untuk bisa melakukan penangkapan terhadap seorang DPO. 

"KPK juga telah berkoordinasi dengan banyak lembaga internasional. Untuk bisa membantu melakukan perburuan DPO HM ini," ujar Ali Fikri.

Harun Al Rasyid sebelumnya mengaku mengetahui lokasi Harun Masiku. Ia siap membantu KPK menangkap Harun Masiku dengan syarat.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved