Berita Batanghari

Baru 107 Desa Lakukan Pencairan Dana Desa di Batanghari untuk Tahap Pertama

Berita Batanghari-Pencairan dana desa (DD) di Kabupaten Batanghari hingga kini sudah mencapai 107 desa dari 110 desa yang diajukan ke Kantor Pelayanan

Penulis: A Musawira | Editor: Nani Rachmaini
Musawira/tribunjambi
Ony Rosiadi, Kabid Pemberdayaan Perencanaan Keuangan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Batanghari. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Pencairan dana desa (DD) di Kabupaten Batanghari hingga kini sudah mencapai 107 desa dari 110 desa yang diajukan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Ony Rosiadi, Kabid Pemberdayaan Perencanaan Keuangan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Batanghari mengatakan pencairan DD ini baru dilakukan untuk tahap pertama yaitu Januari-Maret.

“Ada dua peruntukannya yaitu BLT dan non BLT. Jadi 107 desa ini sudah ditransfer dari rekening kas negara ke rekening kas desa itu dengan besaran pembiayaan Rp 93 miliar. Sedangkan non BLT terhadap 107 desa dengan perkiraan transfer dari kas negara ke kas desa itu berkisar Rp22.7 miliar,” katanya pada Selasa (17/5/2022).

Ia mengatakan sampai saat ini masih ada tersisa tiga desa lagi.

Pihaknya akan menargetkan dalam minggu ini, akan disampaikan ke KPPN melalui Bakeuda.

“Dari 3 desa 2 desa sudah melakukan input data ke Online Monitoring SPAN, kita upayakan menyampaikan pengajuan penyaluran melalui Bakeuda ke KPPN,” ujarnya.

Keterlambatan ini berdampak terhadap tertundanya BLT DD yang diberikan ke keluarga penerimaan manfaat (KPM)

“Saya mengimbau desa yang telah mencairkan untuk sesegaranya menyampaikan data, agar kami bisa melakukan input data di OM SPAN Kemenkeu untuk diminta pengajuan kembali untuk tiga bulan ke depan yaitu April-Juni,” ucapnya.

Ia pun mengakui bahwa pihak desa mengalami kendala dalam penyusunan dan pembuatan RAB.

“RAB yang bersifat kegiatan fisik, mereka ada kendala di situ sehingga terjadi terhambat dalam APBDes-nya. Kita sudah meminta tenaga pendamping desa untuk membantu 3 desa ini di daam membuat percepatan RAB,” pungkasnya.

Caption: Ony Rosiadi, Kabid Pemberdayaan Perencanaan Keuangan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Batanghari.

Simaklah berita-berita terbaru Tribunjambi.com melalui Google News 

TONTON detik-detik Truk dan Kontainer tabrakan di Boyolali

Baca juga: Tak Bayar Denda Adat, Kantor Desa di Merangin Disegel Warga

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved