Pertumbuhan Ekonomi

Mudik Pacu Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2022, Menko Bidang Perekonomian Airlangga: Menggembirakan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan mudik lebaran 2022 memberikan dampak positif untuk perekonomian nasional.

Editor: Fifi Suryani
Tribunnews
Arus balik mudik di Tol Palimanan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan mudik lebaran 2022 memberikan dampak positif untuk perekonomian nasional.

Ia memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2022 akan mencapai 3,5 persen sampai 4 persen.

"Indeks keyakinan konsumen selama behaviour di bulan ramadan dan selama mudik hingga momen lebaran menjadi hal penting," kata Airlangga dalam Green Economy Indonesia Summit 2022, Rabu (11/5/2022).

Menko Airlangga menjelaskan pada kuartal I 2022 terjadi perubahan sumber pertumbuhan ekonomi dari sebelumnya mengandalkan belanja pemerintah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi sisi domestik.

"Engine of growth kita yang menggembirakan di kuartal pertama tidak lagi dari belanja pemerintah karena perlindungan sosial sudah turun tetapi dari kegiatan ekspor dan impor serta investasi yang dilakukan masyarakat,” ucapnya.

RI berada dalam tren positif dari sisi Prompt Manufacturing Index menunjukan sektor produksi terus melakukan ekspansi.

Namun begitu, Menko Airlangga mengingatkan bahwa perekonomian Indonesia masih dalam bayangan risiko Covid-19.

"Alhamdulillah penanganan covid sudah landai. Kemarin walaupun yang mudik lebih dari 80 juta setelah kita monitor sampai hari ini tidak ada lonjakan kasus," ujarnya.

Melihat data dua tahun terakhir selama pandemi Covid-19, penyebaran kasus bakal melonjak H+24 setelah Lebaran Idul Fitri.

Kenaikan kasus pada waktu itu kaitannya dengan varian baru yakni varian Delta dan Omicron.

"Kita semua berharap penyebaran wabah varian baru turunan Covid-19 tidak sekuat omicron maupun varian delta," tutur Airlangga.

Saat ini lebih dari 99 persen masyarakat di Pulau Jawa sudah meraih kekebalan karena telah mendapat tiga kali vaksin (booster) ataupun sudah pernah terkena Covid-19.

"Kuncinya tetap menggunakan masker suatu kewajiban, kemudian proses harus tetap dijaga, dan juga booster harus terus didorong," imbuh Ketua Umum Partai Golongan Karya tersebut. 

Sadari Perubahan Iklim

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved