Breaking News:

Smart Mom

Smart Mom Jambi, Tetap Sehat di Tengah Godaan Makanan Lezat Saat Lebaran

Melly Miranda Smartmom yang berprofesi sebagai dokter di Kota Jambi mengatakan setelah berpuasa sepanjang ramadhan penting untuk memberikan waktu bagi

ist
Melly Miranda, smart mom Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Setelah sebulan menjalani ibadah puasa ramadhan, perayaan idul fitri lekat dengan berbagai menu khas lebaran masalahnya adalah setelah menjalani puasa ramadhan yang sehat banyak orang yang “ Balas dendam” istilahnya pas lebaran dengan menyantap berbagai hidangan yang tersedia saat idul fitri.

Kondisi ini tentunya tidak baik untuk tubuh khususnya anak-anak.

Melly Miranda Smartmom yang berprofesi sebagai dokter di Kota Jambi mengatakan setelah berpuasa sepanjang ramadhan penting untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri selama idul fitri.

"Kita yang sudah dewasa saja penting menjaga kondisi tubuh, apanlagi anak-anak," ujarnya Sabtu ( 7/5/2022).

Ibu dari Hopper Meldy (8th) ini mengatakan agar buah hatinya dapat menjaga pola makan selama lebaran dia lebih banyak mencontohkan dari pada memberikan perintah.

"Anak anak tu cendrung akan mengikut pola makan org tuanya, jadi kita dahulu yang harus membiasakan makan sehat supaya ank ikut kebiasaan kita," katanya.

Selain dengan memberikan contoh, pola komunikasi juga penting agar tumbuh pemahaman dari anak tentang pentingnya menjaga asupan makanan sehat khususnya saat lebaran.

"Jadi ada kesadaran dari dalam diri mereka agar tetap menjaga pola makan sehat," ujarnya.

Dokter yang bertugas di RSUD Raden Mattaher Jambi, RS Royal Prima Jambi dan Mitra Hospital ini sangat menghindari hindari makanan dalam porsi besar.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan sakit perut, gangguan pencernaan dan kembung, apa lagi selama puasa sudah terbiasa dengan perut kosong.

Untuk menyiasatinya cukup makan dengan porsi kecil tapi sering.

Agar tetap sehat dia dan anaknya tetap sarapan dengan menu yang mengenyangkan namun tetap sehat

Selain itu juga menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak kalori dalam satu kali makam, hal ini malah bisa bikin lesu atau mengantuk

"Penting bagi kita untuk menjaga asupan protein lengkap dalam jumlah yang tepat dan tetap aktif secara fisik untuk menstabilkan gula darah dengan berolahraga," ujar Melly.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved