Mudik Lebaran 2022

Arus Balik Mudik Lebaran 2022 Makin Meningkat Kamis, One Way Diterapkan di Jalur Tol Jabodetabek

Berita Jakarta-Polri mempercepat pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way arus balik mudik lebaran 2022 menjadi pada hari ini Kamis..

Editor: Nani Rachmaini
Tribunnews
Arus balik mudik di Tol Palimanan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Polri mempercepat pelaksanaan rekayasa lalu lintas one way arus balik mudik lebaran 2022 menjadi pada hari ini Kamis (5/5/2022).

Hal ini karena volume kendaraan yang pulang ke Jabodetabek terus meningkat.

Diketahui, Polri sebelumnya berencana memberlakukan kebijakan one way dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai KM 47 Tol Cikampek pada 6,7,8 Mei 2022. Namun, jadwal itu dipercepat menjadi hari ini.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa kebijakan one way hari ini bakal berlangsung dari gerbang tol Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Jakarta-Cikampek (Japek).

Rencananya, kebijakan one way tersebut bakal berlangsung pada pukul 11.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB. Nantinya, kebijakan one way juga itu bakal digabung dengan skema contraflow.

"One way akan diberlakukan pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2022 pukul 11.00 sampai dengan 24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Cikampek dilanjutkan contraflow sampai dengan tol Jakarta Cikampek Km 47," kata Dedi saat dikonfirmasi, Kamis (5/5/2022).

Dedi menuturkan kendaraan yang akan mengarah ke Bandung-Cikampek bakal diberikan relaksasi 1 lajur saat kebijakan one way tersebut. Adapun skema one way juga diberlakukan situasional.

"Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa oneway akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada, namun apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka rekayasa lalin oneway akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama Km 188 sampai dengan tol Jakarta Cikampek Km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya," ungkap Dedi.

Lebih lanjut, Dedi menuturkan pihaknya juga bakal melakukan sterilisasi 2 jam sebelum pelaksanaan one way. Khususnya, sterilisasi pengendara yang masih ada di rest area.

"Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway akan dilaksanakan sterilisasi atau pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway atau pukul 09.00 WIB. Setelah itu rekayasa lalin oneway akan dimulai pkl 11.00 WIB," pungkasnya.

Simaklah berita-berita terbaru Tribunjambi.com melalui Google News 

Baca juga: Pesan Mantan Kapolda Jambi Untuk Pemudik Menjelang Arus Balik Lebaran

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved