Kisrul Pilkades Sungai Tabir, Warga Protes Bacalon Kades Pernah Dihukum Adat

Kisruh pemilihan kepala desa di Desa Sungai Tabir Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin belum usai.

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Darwin
Kisruh pemilihan kepala desa di Desa Sungai Tabir Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Kisruh pemilihan kepala desa di Desa Sungai Tabir Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin belum usai.

Kekisruhan tersebut kembali terjadi saat warga Desa Simpang Limbur diundang Dinas PMD untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Persoalan yang hendak diselesaikan tersebut terkait salah satu bakal calon kepala desa MZ dikabarkan pernah dihukum adat. Namun yang bersangkutan tidak membayarnya hingga saat ini.

"Kami diundang PMD  untuk selesaikan permasalahan Pilkades di Desa Sungai Tabir yang melibatkan bakal calon," ujarnya, Jumat  (29/4/2022).

Saat itu warga menuntut untuk salah satu bakal calon kepala desa tidak ditetapkan sebagai calon karena sudah pernah di hukum adat.

Baca juga: Jalan Lintas Sumatera Merangin Padat, Jumlah Mobil Pribadi Meningkat 100 Persen

Namun menurut Ardison selaku Anggota BPD Sungai Tabir mengatakan kondisi rapat mulai memanas saat salah satu bakal calon kepala desa hendak memukul warga. 

"Dia (salah satu bakal calon) mau memukul warga saat rapat, makanya warga berbondong bondong kesini agar ditindak," katanya.

Puluhan warga yang berkumpul di Kantor PMD tersebut melakukan aksi protes agar kezaliman oknum tersebut segera ditindaklanjuti. 

Sementara itu Idris selaku Camat Tabir Barat mengaku tidak dapat mengambil keputusan atas persoalan tersebut karena berada di garis tengah.

Baca juga: ASN Merangin Dilarang Bawa Mobil Dinas Saat Libur Lebaran Idul Fitri 2022

Sehingga dia menyerahkan persoalan Pilkades di salah satu wilayahnya itu diserahkan ke pihak kabupaten. 

"Persoalan ini kami serahkan ke kabupaten, kami di jalur tengah sekarang. Kamu tidak bisa ambil keputusan," katanya singkat. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat) 

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved