Advertorial

Tercepat Menyampaikan LKPD 2021, Pemerintah Kabupaten Bungo Raih Opini WTP

Pemerintah Kabupaten Bungo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021.

TRIBUNJAMBI.COM/MONANG WIDYOKO
Pemerintah Kabupaten Bungo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Kabupaten Bungo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2021.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD diterima Bupati Bungo, H Mashuri SP, ME dan Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto, Spd, dan Ketua DPRD Kabupaten Bungo Jumari Ari Wardoyo di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jambi, Rabu (27/4/2022).

Bupati Mashuri berterimakasih kepada BPK Perwakilan Jambi yang telah mendampingi dalam penyelesaian Laporan Keuangan Pemkab Bungo.

Ia berharap dengan opini WTP atas LKPD 2021 ini, Pemkab Bungo dan DPRD Bungo dapat bekerja lebih baik lagi ke depannya.

Pemkab Bungo juga berkomitmen untuk melakukan upaya perbaikan dalam melakukan upaya perbaikan dalam pengelolaan keuangan.

"Ini hadiah lebaran bagi Kabupaten Bungo. Kami tahu sebelumnya sempat lepas dari opini WTP. Tapi karena kerja keras dan juga berkat dorongan BPK kami dapat kembali meraih ini," ungkap Mashuri.

Disebutkan Bupati, beberapa catatan temuan akan menjadi perhatian Pemkab Bungo. Beberapa hal yang menjadi rekomendasi BPK terkait LHP LKPD tahun 2021 ini juga akan segera ditindaklanjuti sesuai action plan yang telah disampaikan.

"Kami sepakat untuk mempertahankan WTP ini. Kami akan segera langsung tindaklanjuti. Kondisi keuangan kami sebelumnya turun, itu juga yang membuat kami sempat tak raih WTP," katanya.

Ia juga menjelaskan untuk kali ini kondisi kas daerah Pemkab Bungo sudah kembali membaik. Sehingga dapat segera mencairkan TPP dan THR.

"Kemudian kami ke depan akan fokus untuk membangun Bungo. Masih ada target yang belum kami capai, terutama infrastruktur jalan," sebutnya.

Kemudian Ketua DPRD Kabupaten Bungo, Jumari menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Bungo atas keberhasilannya dalam menyelesaikan dan menyampaikan LKPD sehingga dapat menjadi Kabupaten Pertama dalam penyampaian LKPD.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Bupati Bungo dan jajarannya atas keberhasilan menyerahkan dan menyampaikan LKPD dan menjadi kabupaten pertama di Provinsi Jambi," ujarnya.

Jumari pun mengungkapkan pihaknya akan melakukan pembahasan terhadap LHP tersebut. Mengenai tata cara dan mekanisme pembahasan, DPRD akan mempelajari dan mencermatinya.

"Kami akan mempelajari dan mencermati dengan seksama dan penuh tanggung jawab. Ini sebagaimana diatur dalam tata tertib DPRD Kabupaten Bungo," tuturnya.

Sementara Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jambi Rio Tirta menyampaikan bahwa pemeriksaan atas LKPD merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK. Dan sebagai rangkaian akhir dari proses pemeriksaan, Pasal 17 UU Nomor 15 Tahun 2004 mengamanatkan kepada BPK untuk menyerahkan LHP atas Laporan Keuangan tersebut.

"BPK berharap agar hasil pemeriksaan yang telah disampaikan dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dan secara bersama-sama. Selalu berusaha dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel," ungkap Rio.

Rio Tirta juga mengingatkan bahwa berdasarkan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, mengamanatkan bahwa pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi laporan hasil pemeriksaan.

"Pejabat wajib memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK, terkait tindak lanjut atas rekomendasi laporan hasil pemeriksaan selambat-lambatnya enam puluh hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima," pungkasnya. (adv/con)

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Pemkab Muaro Jambi Optimis Raih WTP Lagi

Baca juga: Pemkab Batanghari Terima Piagam Penghargaan Opini WTP, Fadhil Arief: Ini Kewajiban

Baca juga: Piagam Opini WTP dari Kemenkeu Diterima, Bupati Sarolangun: Ini Prestasi Luar Biasa

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved