Harga Bensin Naik, Ini Tips agar Motor Anda Irit BBM dari Honda Sinsen

Seperti yang diketahui, di bulan April ini harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax naik. Hal ini membuat sebagian pengguna sepeda motor harus menyesua

ist
Harga Bensin Naik, Ini Tips agar Motor Anda Irit BBM dari Honda Sinsen 

TRIBUNJAMBI COM, JAMBI – Seperti yang diketahui, di bulan April ini harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax naik. Hal ini membuat sebagian pengguna sepeda motor harus menyesuaikan kembali pengeluaran mereka.

Section Head Marketing Communication PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Frank Setia akan berbagi tips berkendara irit (eco riding) yang berguna untuk para pengendara sepeda motor.

“Selain pengeluaran, para pengendara juga harus memastikan sepeda motor dalam keadaan prima dan berkendara dengan menggunakan Teknik eco riding, agar konsumsi BBM lebih irit dan bisa lebih menikmati perjalanan dengan santai dan aman, selain itu juga bisa memperpanjang umur komponen sepeda motor” ujar Frank.( 16/4/2022).

Berikut tips berkendara motor irit BBM :

1. Kondisi sepeda motor

Sebelum berkendara, pastikan kondisi sepeda motor harus dalam keadaan sehat agar performanya selalu terjaga dan efisien dalam mengolah BBM menjadi tenaga. Servis dan ganti oli rutin serta spare parts asli sesuai interval waktu dan kilometer mana yang duluan tercapai agar kondisi sepeda motor selalu prima.

2. Tekanan Ban

Tekanan ban juga berpengaruh dalam konsumsi BBM, pastikan tekanan ban sesuai standar pabrikan agar ban bisa menapak dan mengelinding dengan sempurna di permukaan jalan yang akan meringankan kinerja mesin sepeda motor yang berujung efisiensi BBM. Jangan sampai tekanan ban kurang, selain menyebabkan tenaga sepeda motor tertahan dan membuat konsumsi BBM boros juga mengurangi stabilitas berkendara.

3. Menentukan Rute dan waktu keberangkatan

Sebelum berkendara pastikan rute yang akan dilewati lancar dan sedikit hambatan yang akan dihadapi seperti kemacetan, polisi tidur dan persimpangan dengan lampu lalu lintas. Waktu keberangkatan juga harus diatur lebih awal agar berkendara lebih santai dan dapat mengatur kecepatan sepeda motor secara halus dan konstan tanpa hambatan yang berarti.

4. ECO Riding

Eco riding adalah cara berkendara irit BBM yaitu dengan mengontrol mesin sepeda motor secara efisien agar tercapai konsumsi BBM yang irit. Ketika ber-akselerasi, jangan memutar tuas gas secara dalam dan agresif karena membuat pemakaian BBM menjadi banyak. Lakukan dengan mengurut tuas gas secara perlahan sampai dengan kecepatan yang optimal dan pertahankan kecepatan secara konstan. Ketika start dari lampu lalu lintas, putar tuas gas sewajarnya saja jangan terprovokasi oleh pengendara lainnya untuk menjadi lebih cepat.

Pengereman juga mempengaruhi konsumsi BBM. Jangan menggunakan rem secara berlebihan kecuali saat kondisi darurat, selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain di depan dan manfaatkan bantuan engine brake untuk mengurangi kecepatan diikuti dengan pengereman yang halus agar momentum laju sepeda motor dapat terjaga agar tidak membutuhkan putaran gas yang dalam saat mengembalikan kecepatan sepeda motor.

Posisi duduk pengendara juga harus sesuai standar safety riding, salah satunya posisi duduk harus pas di titik Center Of Gravity sepeda motor, tidak terlalu kedepan dan kebelakang. Untuk medukung stabilitas, kenyamanan dan efisiensi berkendara.

“Itulah tips eco riding untuk menghemat bensin saat harga BBM naik, semoga bermanfaat dan sesuai kampanye keselamatan berkendara sepeda motor Honda, selalu #Cari_aman saat naik motor!” tutup Frank.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Inilah 5 Motor Honda Terlaris di IIMS, Honda Vario 160 Jadi Primadona

Baca juga: Info Honda Jambi, New Honda Genio Hadir dengan Accessories dan Apparel Resmi

Baca juga: HVC Jambi Ramaikan Proud to Ride All New Honda Vario 160

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved